PENGARUH PEMBELAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

M. Efendi, Berchah Pitoewas, Hermi Yanzi

Abstract


The purpose of this research is to find out the influence of remedial learning in civics towards the students’ learning motivation. The research method is quantitative, the research subject was all the students in IX class consisted of 23 students and determined as the sample of the research. The main techniques of the research were questionnaire, observation, and documentation as the supporting technique. The result showed that 65% of students did the remedial learning, 22% of students had not been motivated to learn remedial. From the calculation using the Square Chi formulation obtained the result that X2=23,85 with the coefficient C=0.70 and Cmax = 0,81 which on strong category  0.60 – 0,799 therefore that result is identified the there is an influence of remedial learning in civics towards students’ learning motivation.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran remedial pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif, subjek penelitian seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 23 orang dan di jadikan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pokok adalah angket, observasi dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Hasil penelitian menunjukan 65% peserta didik menyatakan melaksanakan pembelajaran remedial, 22% peserta didik masih belum termotivasi pembelajaran remedial. Dari hasil perhitungan yang menggunakan rumus Chi Kuadrat di peroleh hasil X2=23,85 dengan koefisien kontingensi C= 0,70 dan Cmaks = 0,81 yang terletak pada keeratan 0,60 – 0,799 (kategori kuat) sehingga hasil pengujian tersebut dapat di ketahui bahwa ada pengaruh pembelajaran remedial pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap motivasi belajar peserta didik. 

Kata kunci: motivasi, pembelajaran remedial, pengaruh



Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Mukhtar, dan Rukmini. 2003. Pengajaran Remedial. Teori dan Penerapannya. Dalam Pembelajaran.Jakarta: Nimas Multima.

Sardiman, A.M.2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.