PENGARUH PEMAHAMAN DAN SIKAP ANAK TERHADAP KETAATAN PADA PERATURAN LALU LINTAS
Abstract
The purpose of this research is to explain and analyze the influence of understanding and the attitude of child under age through the obedient of traffic rule. Method of the research used descriptive quantitative. Data collecting used questionnaire, interview and observation technique. Research samples are 50 students with random sampling technique. The result of research showed positive influence and significant among the child under age’s understanding through the obedient of traffic rule. It means that the child has low understanding of the traffic rule so, their obedient of traffic rule is low. And, there is the positive influence and significant among the child under age’s attitude through the obedient of traffic rule. In conclusion, the child has low attitude to support the traffic rule so, the obedient of traffic rule is low.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh pemahaman dan sikap anak dibawah umur terhadap ketaatan pada peraturan lalu lintas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan observasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 siswa dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman anak dibawah umur terhadap ketaatan pada peraturan lalu lintas artinya anak kurang paham terhadap peraturan lalu lintas maka ketaatannya terhadap peraturan lalu lintas kurang. Dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sikap anak dibawah umur terhadap ketaatan pada peraturan lalu lintas artinya anak memiliki sikap yang kurang mendukung terhadap peraturan lalu lintas maka ketaatannya terhadap peraturan lalu lintas kurang.
Kata kunci: ketaatan, lalu lintas, pemahaman, sikap
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad, dan Mohammad Asrori. 2009. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Amaliyanti, Aam. 2013. Pemahaman Siswa Dalam Proses Belajar. Online http://megasiana.com/pedulipendidikan/pemahaman-siswa-dalam-proses-belajar/. (Diakses tanggal 03-03-2014)
Cecil, Andrew R. et al. 2011. Penegakan Hukum Lalu-Lintas Panduan bagi Para Polisi dan Pengendara. Diterjemakan oleh: Hega Angayomi. Bandung: Penerbit Nuansa.
Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan yang terserak, Menyambung yang terputus dan Menyatukan yang tercerai. Bandung: Alfabeta.
Hazlitt, Henry. 2003. Dasar-Dasar Morlitas. Diterjemakan oleh: Cuk Ananta Wijaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sarbaini. 2012. Pembinaan Nilai, Moral dan Karakter Kepatuhan Peserta Didik Terhadap Norma Ketertiban di Sekolah Landasan Konseptual, Teori, Juridis, dan Empiris. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sudarsono, 2008. Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. 2013. Jakarta: Sinar Grafika.
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. 2010. Jakarta Selatan: Ditlantas Babinkam Polri.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. 2007. Jakarta: Visimedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.