PENGARUH PENERAPAN BUDAYA DEMOKRASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN CIVIC SKILLS

Nisa Fatarina, Holilulloh Holilulloh, M. Mona Adha

Abstract


The research is intended to explain and analyze the influence of the application of democratic culture in the school on the establishment of civic skills students at SMK PGRI 2 academic years 2013/2014. Method in this research is using descriptive quantitative. Subject of research is all the students with sample of 48 students. The main technique is using questionnaire, while interviews and documentation as a supporting technique. Data analysis technique is using chi quadrat. Based on the results of research that has been done it can be known that there are degrees of the clinging, namely by a contigency coefficient C = 0,63 and contigency coefficient Cmaks = 0,81.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh penerapan budaya demokrasi di lingkungan sekolah terhadap pembentukan civic skills siswa siswi SMK PGRI 2 tahun pelajaran 2013/2014. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian seluruh siswa dengan sampel 48 siswa. Teknik pokok menggunakan angket, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Teknik analisis data menggunakan chi kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat derajat keeratan, yaitu dengan koefisien kontingensi C= 0,63 dan koefisien kontingensi Cmaks= 0,81.

Kata kunci: budaya demokrasi, civic skills, penerapan budaya


Full Text:

PDF

References


Branson, S Margareth, et.al. 1999. Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta: LkiS.

Handoko. 2007. Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Winataputra, U.S. dan Budimansyah, Dasim. 2007. Civic Education, Koteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.