HUBUNGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
This research aims to explain the relation of applying brainstorming learning method to students critical thinking ability. The problem of this research is how the relation of applying brainstorming learning method to students critical thinking ability. The method of this research is illusion experiment. Data collecting technique use questionnaire and observation. Data analysis technique use chi kuadrat. The sample of this research amount to 20 students. Based on the result of research which have been done, it can be seen that applying brainstorming learning method have an influence to students critical thinking ability.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan chi kuadrat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran brainstorming berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: berpikir kritis, brainstorming, metode pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Hassoubah. 2007. Developing Creative and Critical Thinking Skills. Bandung: Yayasan Nuansa Cendia.
Mukhtar dan Yamin, Martinis. 2005. Metode Pembelajaran yang Berhasil. Jakarta: PT Rakasta Samasta.
Mustaji. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Roestiyah. 2001. Metode Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming). Jakarta: Bumi Aksara.
Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.