PENGARUH SCIENTIFIC APPROACH PADA KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
This research aims to analyze the effect of scientific approach against students learning motivation based on curriculum 2013 on civic lesson class VII SMP Negeri 2 Kotagajah Lampung Tengah regency in academic year 2013/2014. This research uses descriptive method with ex post facto model. This research sample are 58 respondents. Questionnaire technique, interview and documentation are used as data collecting instrument. To analyze data it uses chi squared. Based on research that has been done, it can be seen that there is a degree of closeness, the contingency coefficient C = 0,45 Cmaks = 0,816 obtained a value of 0,55 classified in medium category. It means that there are significant effect in the medium category of scientific approach against students learning motivation based on curriculum 2013 on civic lesson class VII SMP Negeri 2 Kotagajah Lampung Tengah regency in academic year 2013/2014.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh scientific approach pada kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMP Negeri 2 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif model ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat derajat keeratan, yaitu dengan koefisien kontingensi C = 0,45 dan = 0,816 sehingga diperoleh nilai 0,55 yang berada pada kategori sedang. Artinya terdapat pengaruh dalam kategori sedang antara scientific approach pada kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMP Negeri 2 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: motivasi belajar, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, scientific approach
Full Text:
PDFReferences
A.M., Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar .Jakarta:PT Rajaprafindo Persada.
Baeng, Rikianto. 2013. Pengertian Motivasi Belajar dan Hasil. Online http://rikiantobaeng.blogspot.com/2013/06/pengertian-motivasi-belajar-dan-hasil.html (diunduh pada tanggal 01 November 2013).
BNSP.2006. Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Idris, Apandi. 2013. http://asminkarris.wordpress.com/2013/06/29/kurikulum-PPKn-2013/ (diunduh tanggal 27 Januari 2014)
Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemendikbud.
Muzamiroh, Mida Latifatul. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta:Kata Pena.
Shopian, Subhan dkk. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Politik, Nasionalisme, dan Demokrasi. Bandung:Fokus Media.
Undang-undang No 20. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kemendikbud.
Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.