PENGARUH PENGGUNAAN GADGET PADA PESERTA DIDIK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL

Tara Lioni, Holilulloh Holilulloh, Yunisca Nurmalisa

Abstract


This research aims to explain and to analyze the  influence of using gadged application of students with social interaction. This research uses quantitative method using influence test between the variables. This research population are 300 students and the sample are 60 students with a percentage of 20%. From hypothesis testing based on t test obtained t count for reference cluster variable as many as 8,872  and t table as many as 1,672 it means that t count is bigger than t table  (8,872>1,672) and probability value less than 0,05 that is 0,000 it means that Ho rejected and Ha accepted, so the conclusion is social interaction influenced by social cluster.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh penggunaan gadget pada peserta didik terhadap interaksi sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji pengaruh antarvariabel-variabel yang akan diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 300 PD, sehingga sampel yang diambil sebanyak 20% yaitu sebanyak 60 PD. Hasil perhitungan hipotesis melalui uji t diperoleh t hitung untuk variabel kelompok referensi sebesar 8,872 dan t tabel sebesar 1,672 yang artinya t hitung lebih besar dari t tabel (8,872>1,672) serta nilai probabilitasnya kurang dari 0,05 yaitu 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap interaksi sosial.

Kata kunci: interaksi sosial, penggunaan gadget, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Fahri, Engin. 2000. Being Political. London: Minneapolis.

Soekanto, Soerjono. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV Rajawali.

Winarno, Wing. 2009. Panduan Penggunaan Gadget. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.