STUDI TENTANG PEMAHAMAN GURU TERHADAP KONSEP EMPAT PILAR KEBANGSAAN PADA KURIKULUM 2013
Abstract
This research aims to analyze and know the teachers understanding against four pillars of nationality concept in civics lesson based on 2013 curriculum in SMP Negeri 1 Bandar Lampung year 2014. This research uses descriptive method. This research population are all teachers of Civics lesson at SMP Negeri 1 Bandar Lampung. The result of this research shows: teachers understanding against four pillars of nationality concept (X), with indicators of teacher’s ability to explain the concept, teacher's ability to actualize the concept, teacher’s ability to classify the concepts into value and comprehension test with indicator (Y) Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika that included in the category of understanding as much as 2 respondents or 50% of the 4 respondents.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui sejauh mana pemahaman guru terhadap konsep empat pilar kebangsaan dalam mata pelajaran PPKN pada kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PPKN SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemahaman guru terhadap konsep empat pilar kebangsaan (X), dengan indikatornya kemampuan guru menjelaskan konsep, kemampuan guru memfaktualisasikan konsep, kemampuan mengklarifikasikan konsep menjadi nilai, serta test pemahaman dengan indikator (Y) Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, yaitu termasuk dalam ketegori memahami sebanyak 2 responden atau 50% dari 4 responden.
Kata kunci : empat pilar kebangsaan, guru, pemahaman
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Kaelan. 2012. Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Yogyakarta : Paradigma.
Kusnandar. 2009. Guru Profesional Implementasi KTSP Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum Dan Pembelajaran (Filosofi Teori Dan Aplikasi). Bandung : Pakar Raya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.