STUDI TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013

Retno Maya Sari, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


This research object aims to explain how are teachers ability in implementing authentic assessment based on curriculum 2013 in civic lesson in SMP Negeri 1 Bandar Lampung. This research uses descriptive method and subject of this research are civics lesson teachers consists of 4 people who will serve as a sample. Questionnaire, interviews and documentation are used as data collecting instrument. The result of this research shows teachers ability to implement the performance assessment with indicators of understanding performance appraisal procedure, the ability to design performance appraisal, the ability to connect between the domain assessment of performance, the ability to implement a written assessment with indicators of understanding the written assessment procedure, the ability to connect between the domain written of performance were 75% classified as a good categories, and 25% classified as a good enough categories. The ability to design a written assessment 50% classified as a good categories, and 50% classified as a good enough categories.

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimanakah kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik pada kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Metode dalam penilitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian guru PPKn yang berjumlah 4 orang yang akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pokok yang digunakan adalah angket, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Hasil penelitian menunjukan kemampuan guru dalam  melaksanakan penilaian kinerja dengan indikator pemahaman terhadap prosedur penilaian kinerja, kemampuan merancang penilaian kinerja, kemampuan dalam menggabungkan antar ranah penilaian kinerja, kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian tertulis dengan indikator  pemahaman terhadap prosedur penilaian tertulis dan kemampuan dalam menggabungkan antar ranah penilaian tertulis adalah 75% kategori baik dan 25% cukup baik, sedangkan kemampuan merancang penilaian tertulis 50% kategori baik, 50% katerogi cukup baik.

Kata kunci : kemampuan guru, kurikulum 2013, penilaian autentik


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Fathurahman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rafita Aditama.

Kemdikbud. 2013. Konsep Penilaan Autentik pada Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.

Soetjipto. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta. Rineka Cipta.

Sudarwan, Prof. 2013. Asesmen Otentik. Jakarta: Makalah pada Workshop Kurikulum.

Turmuzi, Ahmad. 2011. Makna Kemampuan dalam Profesi Keguruan. Online http://edukasi.kompasiana.com/2011/12/24/makna-kemampuan-dalam-profesi-keguruan-421739. diakses pada 18 Desember 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.