Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Toleransi dan Cinta Damai

M. Arief Satria Wibowo, M. Mona Adha, M. Mona Adha, Edi Siswanto, Edi Siswanto

Abstract


Multicultural education is a process to develop individual abilities and understanding so that they can appreciate their plurality and heterogeneity in their neighborhood, one of which is SMP Negeri 7 Metro. The purpose of this study is to scientifically describe and understand and gather information on the extent of tolerance and peace-loving attitudes shown by the residents of SMP Negeri 7 Metro. By using qualitative research and data collection techniques namely interviews, observation and documentation as well as data analysis. The results of the study show that multicultural education greatly influences the character of SMP Negeri 7 Metro students to carry out learning activities in the midst of existing diversity. The implementation of multicultural education can be integrated into the learning themes that are carried out and through habituation of behavior by respecting the differences that exist within the school and tolerance and peace-loving.

Keywords : Multicultural education, Values, Character, Tolerance and Peace Loving

Pendidikan multikultural merupakan proses untuk mengembangkan kemampuan dan pemahaman individu agar dapat menghargai pluralitas dan heterogenitasnya di lingkungan tempat tinggal salah satunya di SMP negeri 7 Metro. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan secara ilmiah dan memahami serta menggali informasi sejauhmana sikap toleransi dan cinta damai yang ditunjukkan oleh warga sekolah SMP Negeri 7 Metro. Dengan menggunakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis data. Hasil penelitian menjukkan bahwa pendidikan multikultural sangat mempengaruhi karakter siswa SMP Negeri 7 Metro untuk melaksanakan aktivitas belajar di tengah keberagaman yang ada. Implementasi pendidikan multikultural dapat diintegrasikan pada tema pembelajaran yang dilaksanakan serta melalui pembiasaan perilaku dengan cara saling menghormati perbedaan yang ada di dalam sekolah dan sikap toleransi dan cinta damai.

Kata Kunci : Pendidikan multikultural, Nilai, Karakter, Toleransi dan cinta damai


Full Text:

PDF

References


Banks, J.A. 1999. An introduction to multicultural education. Boston: Allyn & Bacon.

Banks, J.A & Banks, C.A.M (Eds). 2015. Handbook of Research on Multikultural Education. New York: MacMillan.

Dewi, N. 2018. Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Nasionalisme Siswa (Sekolah Menengah Atas Homeschooling Primagama Palembang). Jurnal AKP, 8(1), 94-100.

Ismail. (2020). Konsep dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Indonesia. Pasuruan:CV Qiara Media.

Tilaar. 2004. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Mahfud, Choirul. 2006. Pendidikan Multikultural .Yogyakarta : Pustaka Belajar

Noviana, E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn SiswaA Kelas IV SD Negeri 79 Pekan baru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, (7)2, 15-30.

Nurmala, F. 2020. Peningkatan Pemahaman Materi Keberagaman Suku Bangsa, Sosial, Dan Budaya Di Indonesia Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Audio -Visual. Jurnal Ilmu Pendidikan, (11)2, 172-180.

Ronal C. Doll. 1974. Curriculum Improvement, Decision Making and Proces. Boston: Allyn and Bacon.

Zais, R. 1976. Curriculum Principles and foundation. Newyork: Harper & Row Publisher

Zakiyuddin Baidhawi.2007. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.