Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran PPKn Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 20 Bandar Lampung

Chairunisa Liani, Yunisca Nurmalisa, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran berbasis animasi terhadap tingkat pemahaman materi pada mata pelajaran PPKn peserta didik kelas VIII di SMPN 20 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 20 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik Analisis data menggunakan uji prasyarat tes, Uji Hipotesis (T-Test) dan Uji N-Gain Score

Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Samples T-Test terhadap data posttest pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 terlihat bahwa nilai Sig. (2-Tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak. Artinya, video pembelajaran terbukti berpengaruh terhadap tingkat pemahaman materi peserta didik,yang mana video pembelajaran berbasis animasi dapat menstimulus peserta didik untuk lebih tertarik mempelajari materi PPKn hal dibuktikan dengan hasil N-Gain kelas eksperimen sebesar 59% yang berarti video animasi cukup berpengaruh terhadap tingkat pemahaman peserta didik

Kata Kunci: Video pembelajaran, animasi, pemahaman, peserta didik


Full Text:

PDF PDF

References


Aji.S. ( 2013). Pendidikan Pancasila Di Perpendidikan Tinggi Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Jakarta: Ghalia Indonesia

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta didik Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250

Bisri, W. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ipa Pemanasan Global Kelas Vii Smpn. Skripsi. Makasar: Universitas Negeri Makasar

Muhammad, Ali. (1996) Pendidik Dalam proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Munir. (2012.) Multimedia : Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Parlindungan. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) Di SD Islamn An-Nuriyah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258–2267.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung ; Alfabeta, CV

Syam, N. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(Xv), 108–112.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional

Widiasworo, Erwin. (2017). Strategi & Metode Mengajar Peserta didik di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.