PENGARUH PEMBELAJARAN PENGAYAAN BERBENTUK TTS TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMP TUNAS HARAPAN
Abstract
The purpose of this study was to describe the influence of the learning enrichment-shaped crossword puzzles (Crossword) against creativity grade VII and VIII Junior High School Tunas Harapan. Research methods used in this research is descriptive method, this research is a study of the population by the number of respondents to the 28 students. Data analysis using the Chi Squared. Results of the study indicate that there is a significant relationship, and high categories of closeness between learning enrichment influences shaped to the creativity of students, that is, by using the media in learning enrichment will affect creativity grade VII and VIII Junior High School Tunas Harapan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran pengayaan berbentuk teka-teki silang (TTS) terhadap kreativitas siswa kelas VII dan VIII SMP Tunas Harapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden 28 siswa. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan, dan ketegori keeratan tinggi antara pengaruh pembelajaran pengayaan berbentuk TTS terhadap kreativitas siswa, artinya dengan mengunakan media TTS pada pembelajaran pengayaan akan mempengaruhi kreativitas siswa kelas VII dan VIII SMP Tunas Harapan.
Kata kunci: kreativitas siswa, pembelajaran pengayaan, teka-teki silang
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.(2001). Pengelolaan Kelas dan Sisiwa.Yogyakarta:Rajagrafindo Persada
B. Uno, Hamzah dan Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta:Bumi Aksara
Budiningsih, C.asri.2005. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Rineka Cipta
Erlinna, 2012 . Teka-Teki Sebagai Media Pembelajaran. Disadur dari: http://Teka-Teki Sebagai Media Pembelajaran « erlinna.htm. Diakses tanggal:30 Desember 2012
Hadi, Sutrisno. 2002. Metode teknik Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surakarta: UNS
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Maman Rahman.1998. Manajemen Kelas. Jakarta : Depdikbud
Mari juniarti. 2001. Psikologi Suatu Pengantar. Erlangga. Jakarta
Meilina Bustari. 2005. Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta : FIP UNY
Mulyasa, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung: Remaja Rosdakaryas
Nana,Sudjana dan Ahmad,Rivai.(2010).Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sagala, saiful. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. jakarta.
Shafique Ali Khan. 2005. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia
Smaldino, dkk. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka
Suparno,P. 2002. Filsafat Konstruksivitas dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, Hamzah B.2008.Orientasi Baru dalam Pisikologi Pembelajaran. Bumi aksara. Jakarta
Wiryawan, Sri Anitah dan Wiryawan. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Edisi 1.Jakarta : Departemen Pendidikan danKebudayaan Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.