PEMAHAMAN MATERI HAK ASASI MANUSIA TERHADAP SIKAP KEMANUSIAAN SISWA

Rina Pratiwi, Holilulloh Holilulloh, M. Mona Adha

Abstract


The purpose of this study was to clarify the effect of the material understanding of human rights to humanitarian attitude in class VII in Junior High School 2 Hulu Sungkai North Lampung years lesson 2012/2013. The method used in this research is descriptive method, this research is the study population by the number of respondents 77 students. Data analysis using Chi Square. Results of research show that the: (1) influence of comprehension material human rights (X) dominant on category not quite comprehend (2) attitude humanity students' (Y) dominant on category disagree (3) the results of research showed there are relation a significant, and ketegori of closeness high between the influence of understanding material human rights, meaning that the higher the level of of understanding students' will affect the attitudes humanitarian grade students VII in Junior High School 2 Hulu Sungkai North Lampung years lesson 2012/2013.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pemahaman materi hak asasi manusia terhadap sikap kemanusiaan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Hulu Sungkai Kabupaten Lampung Utara tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden 77 siswa. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengaruh pemahaman materi hak asasi manusia (X) dominan pada kategori kurang paham (2) sikap kemanusiaan siswa (Y) dominan pada kategori kurang setuju (3) hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan, dan ketegori keeratan tinggi antara pengaruh pemahaman materi hak asasi manusia, artinya semakin tinggi tingkat pemahaman siswa akan mempengaruhi sikap kemanusiaan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Hulu Sungkai Kabupaten Lampung Utara tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci :hak asasi manusia, kemanusiaan, pemahaman materi, sikap


Full Text:

PDF

References


Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Amsia, Tontowi. 2008. Kewarganegaraan Dalam Ketahanan Nasional. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Andi. 2012. Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan. Diakses dari: http://wawanandi.blogspot.com/2012/03/tujuan-pendidikan-kewarganegaraan.html. Rabu, 10 April 2013.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Erwin, Muhammad. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia (Edisi Revisi). Bandung: PT Refika Aditama.

Febrian, Lingga. 2012. Hak Asasi Manusia. Diakses dari: http://mugetsuryan.blogspot.com/2012/06/definisi-ham-hak-asasi-manusia-menurut.html. Jumat, 12 April 2013.

G.J. Wolhoff. 1960. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Jakarta: Timun Mas.

Lubis, Todung. 2000. Perkembangan Pemikiran dan Perdebatan HAM Dalam Diseminasi Hak Asasi Manusia: Perspektif dan Aksi. Jakarta: CESDA dan LP3ES.

Moeljatno. 2008. Asas-asas Hukum Pidana. Jakarta:Rineka Cipta.

Murdiono, Mukhamad. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Intan Pariwara.

Nasution Harun dan Effendi Bahtiar. 1987. Hak Asasi Manusia dalam Islam. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Pannen, P. Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.