Implementasi Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Kartina Kartina, Irawan Suntoro, Edi Siswanto

Abstract


The purpose of this research was to analyse and describe the implementation of Permendikbud number 20 year 2018 about strengthening character education of a Formal education unit SMAN 1 Tumijajar Tulang Bawang Barat academic year 2018/2019. At model Evaluation of Program with CIPP theory (Context, Input, Process and Product). The method used in this research was qualitative descriptive method with a qualitative approach. The data collection techniques used interviews, observations and documentation while in analyzing data used credibility testing with extra time and triangulation. The results showed that the implementation process of character education strengthening program in Permendikbud number 20 year 2018 used the evaluation model of the program with CIPP theory. As seen from the context dimension the PPK programs was supported by the environment reviewed from the CCTV security, student attendance card and the comfort. As seen From the Input dimension there are several programs in order to fulfill the needs of PPK program supported by the availability of existing facilities and infrastructure in the school and human resources. 

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan Implementasi Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan waktu dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi program penguatan pendidikan karakter dalam Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 dilihat dengan menggunakan model evaluasi program dengan teori CIPP. Dari dimensi context program-program PPK disekolah didukung oleh lingkungan yang ditinjau dari keamanan CCTV, kartu kehadiran siswa dan kenyaman. Dari dimensi Input terdapat beberapa program dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam program PPK yang didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang ada disekolah dan sumber daya manusia. 

Kata kunci: permendikbud, implementasi, pendidikan karakter


Full Text:

PDF PDF

References


Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maharani, Laila. 2014. Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter Build Children Character Through Character Education. Jurnal Bimbangan dan Konseling. Volume 1. Nomor 1.

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan.Yogyakarta: Penerbit Ruko Jambusari.

Tayibnapis, Yusuf Farida. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.