Peranan Guru Dalam Pelaksanaan Program Gerkan Literasi Sebagai Upaya Pembentukan Civic Knowledge

Nurlaila Hafizd Hakiki, Berchah Pitoewas, Abdul Halim

Abstract


The purpose of this study is to explain the teacher’s roles in the literacy movement program as a forming efforts of civic knowledge in SMP Negeri 2 Metro academic year 2018/2019. This study used a descriptive method with a quantitative approach. The populations is 737 students. The sample in this study was taken a smuchas 10% thus the total number of 74 students. Data collection techniques applied are questionnaires and documentation. Data analysis techniques applied are the percentage formula and chi squared. The result of this study shows that teacher’s roles in the implementation of literacy movement program as a forming efforts of Civic Knowledge in SMP Negeri 2 Metro academic year 2018/2019 included as a good category the teachers have done their roles in the implementation of literacy at school, So that through Civic Knowledge literacy students can be well formed. Thus, the teacher’s roles in the implementation of literacy movement program in SMP Negeri 2 Metro can be said goes well.

Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan peranan guru dalam pelaksanaan program gerakan literasi sebagai upaya pembentukan civic knowledge di SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 737 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10% dengan demikian jumlah keseluruhan 74 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan rumus persentase dan Chi kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru dalam pelaksanaan program gerakan literasi sebagai upaya pembentukan civic knowledge di SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019 masuk dalam kategori baik, guru telah menjalankan peranannya dalam pelaksanaan literasi di sekolah sehingga melalui literasi civic knowledge  peserta didik dapat terbentuk dengan baik. Artinya peran guru dalam pelaksanaan program gerakan literasi di SMP Negeri 2 Metro dapat dikatakan berperan dengan baik.

Kata Kunci: peran guru, literasi, civic knowledge

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin, Y., et al. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara

Batubara, H. H., & Desy, N. A. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Miai Banjarmasin. Jurnal Pemberdayaan Sekolah Dasar .Vol. 4 No. 1.

Bronson, S M. (1998). The Role of Civic Education. Position Paper by The Communitarian Network.

Cholisin. (2010). Penerapan Civic Skills dan Civic Disposition dalam Mata Kuliah Prodi PPKn. Diskusi Terbatas Jurusan PKn dan HukumFISE, Universitas Negeri Yogyakarta.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Raharja, M. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kompetensi Warga Negara Mahasiswa FKIP UNTIRTA. Untirta Civic Education Journal. Vol. 2 No. 1.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pedekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarbaini, S. (2009). Dasar-Dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.