Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Ekonomi Terhadap Angka Putus Sekolah Di Desa Wiralaga Kecamatan Mesuji
Abstract
This study cumed to analyze influente of social and economic environment on the dropout rate in Wiralaga village Mesuji sub-district. The research methodused in this method with a sampel of 43 respondens. Using data colelection techniques, interviews and documentation, data analysis using chi quadrats. Based on tehe results of the study it is known that there is a degree of closeness, that is with the contigency coefficient C 0,28 and C contigency Max 0,82 means that there is a significant influence between social and economic environmental influences on dropout rates in Wiralaga village Mesuji district. Based on several indicators regarding the problem because there are still many people who experience difficulties, poverty and unemployment, resulting in many chidren dropping out of school due to lack of fees and the existance of a gap between the socio-economic environment that is influenced by family factors, peers, income education.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sosial dan ekonomi terhadap angka putus sekolah di desa wiralaga kecamatan mesuji. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel 43 responden. Menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara dan dokumentasi, analisis, data menggunakan chi quadrat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat derajat keeratan , yaitu dengan koefisien kontigensi C 0,28 dan koefisien kontigensi C maks 0,82 artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh lingkungan sosial dan ekonomi terhadap angka putus sekolah di desa wiralaga kecamatan mesuji. Berdasarkan beberapa indikator mengenaipermasalahan karena masih banyak rakyat yang mengalami kesulitan, kemiskinan dan pengangguran sehingga mengakibatkan banyak anak putus sekolah karena kurang biaya. Serta adanya kesenjangan antara lingkungan sosial ekonomi yang dipengaruhi oleh faktor keluaraga, teman sebaya, pengahasilan dan juga pendidikan orang tua.
Kata kunci : lingkungan sosial, ekonomi, putus sekolah
Full Text:
PDFReferences
Anidal Hassir dkk, 1984, Kamus Istilah Sosiologi (pembinaan dan pengembangan bahasa), Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Anita Yulaefi, 2008, Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Kenakalan Remaja. (skripsi)
Ahmad A, 2003. Peran Orang Tua Anak didik dalam interaksi Edukatif. Jakarta: Rinika Cipta
Abdulsyani. 1987. Sosiologi Kelompok dan Masalah Sosiologi. Fajar Agung, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosediur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Bahri Djamarah. 2005. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara
Badudu, J.S. dan Zain, Sutan Mohammad .1994 Pengaruh Perkembangan Anak.PT. Syaamil Cipta Media. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rinika Cipta.
Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan.PT. Rineka Cipta. Jakarta
Deliarnov 1997. Perkembangan Pemikiran Ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta.
Elizabeth B. Hurlock, 2011, PsikologiPerkembangan (SuatuPendekatanSepanjangRentangKehidupan), Jakarta: PT GeloraAksaraPratama
Fuad Amsyari. 2005, Lingkungan Keluaga Terhadap Kenakalan Remaja, Jakarta: Rinika Cipta
Hasbullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Hadri Nawawi. 1971. Organisasi sekolah dan pengelolaan kelas. Gunung Agung. Jakarta
Khakim, Abdul, 2003. Pengantar Hukum Kenegaraan Indonesia Berdasarkan UUD No.13Tahun 2003. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Martini. 2010. Pengaruh lingkungan sosial miskin. Panaragan. Tulang Bawang (skripsi) Prodi PPKn Tahun 2010
Refbacks
- There are currently no refbacks.