Pengaruh Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Terhadap Status Akreditasi

Dwi Rimbawan, Hermi Yanzi, Berchah Pitoewas

Abstract


The purpose of this study is to explain how the influence of the fulfillment of the National Education Standards on accreditation status at the Tanjung Raya State High School 1. The research method used in this research is quantitative descriptive method. The subjects studied were educators at the Tanjung Raya State High School 1. The population in this study amounted to 32 people. The main technique of data collection uses Questionnaire Technique. Data analysis using Chi Square. The results of this study indicate that there is a very strong and significant influence between the fulfillment of national education standards on accreditation status at the State Senior High School 1 Tanjung Raya Mesuji Regency. This means that the better the fulfillment of national education standards, the higher accreditation and the very good accreditation status or A.

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimanakah pengaruh pemenuhan Standar Nasional Pendidikan terhadap status akreditasi di SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek yang diteliti merupakan tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Teknik pokok pengumpulan data menggunakan Teknik Angket. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara pemenuhan standar nasional pendidikan terhadap status akreditasi di SMA Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Ini berarti semakin baik pemenuhan standar nasional pendidikan maka akan mendapat nilai akreditasi yang tinggi dan status akreditasi yang amat baik atau A.

Kata kunci : pendidikan, standar nasional, status akreditasi.

 


Full Text:

PDF

References


Arcaro, Jerome. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, Fuad. 2008. Dasar Dasar Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Pedoman Akreditasi. 2014. Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Jakarta. BAN S/M 2014

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 13 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.