Pengaruh Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Fullday Terhadap Pola Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler
Abstract
The purpose of this study was to explain the implementation of fullday learning activities on the pattern of coaching extracurricular activities at YP High School Unila Bandar Lampung. This research method uses quantitative descriptive method with the research population of all teachers at YP Unila High School as many as 62 teachers, research samples as many as 62 respondents. Data collection techniques using closed questionnaires and data analysis using Chi Kuadarat Technique. The results of this study indicate that there is an effect that occurs between the implementation of fullday learning activities on the pattern of extracurricular activities conducted by the teacher, is at a very strong level, this implies that the implementation of fullday learning activities can influence the pattern of extracurricular activities so that extracurricular coaches and teachers balance between learning activities in the classroom and activities outside the classroom to develop the potential of students.
Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan pelaksanaaan kegiatan pembelajaran fullday terhadap pola pembinaan kegiatan Ekstrakurikuler di SMA YP Unila Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif dengan Populasi penelitian semua guru di SMA YP Unila sebanyak 62 guru, sampel Penelitian sebanyak 62 Responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan analisis data menggunakan Teknik Chi Kuadarat. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang terjadi antara pelaksanaan kegiatan pembelajara fullday terhadap pola pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh guru, berada pada signifikan sangat kuat, hal ini mengisyaratkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran fullday mampu mempengaruhi pola pembinaan kegiatan ekstrakurikuler sehingga pembina ekstrakurikuler maupun guru menyeimbangkan antara kegiatan belajar di ruang kelas dengan kegiatan di luar ruang kelas untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.
Kata Kunci: ekstrakurikuler, pembelajaran fullday pola pembinaan
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Budi, Taufik. 2017. Mendikbud Beberkan Alasan Penerapan Full Day School di Semarang. Mendikbud. http:// C:/Users/acer/Pictures/Mendikbud Beberkan Alasan Penerapan Full Day School. Html. Di akses Pada Tanggal 4 Desember 2017 Pukul 14.30 WIB.
Ferbalinda, 2016. “Faktor-Faktor yang Memepengaruhi Guru dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun 2015/2016”. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara.
Irma Septiani, 2012. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah”. Skirpsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nur Asni Afiana Afifah, 2014, “Pengaruh Implementasi Fullday School Terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional dan Penyesuaian Sosial di MI Sultan Agung Sleman”, Mahasiswa Program Pendidikan Madrasyah Ibtidayah Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol. 1 No 1:114-115.
Peraturan Menteri (Permen) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah yang mengatur sekolah 8 jam sehari selama 5 hari alias fullday pada 12 Juni 2017.
Ratna Tri Palupi, 2016, “Pelaksanaan Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler”, Karya Ilmiah Siswa Negeri 6 Yogyakarta, Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 6 No.1:42.
Setiadi, Budi. 2011. Modul Kajian Kurikulum. Lampung, Metro : STKIP Darma Wacana Metro.
Sakun. 2009. Pengantar Pendidikan. Lampung, Metro : STKIP Darma Wacana Metro.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Memepengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Memepengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
----------2014. Statistik untuk penelitian. Catatan Ke-24. Bandung: Alfabeta.
Suci Daniati, 2016. “Pengaruh Ekstrakurikuler dalam Membina Potensi Diri Terhadap Aktualisasi Diri Siswa di MA Mathla’ ulanwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung
Tri Ardila, 2016. “Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Kelurahan Gunung Sulah Kecamatan Way Halim Bandar Lampung”. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekertariat Negara. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.