Persepsi Kepaala SMA/SMK Negeri di Bandar Lampung Terhadap Pengalihan Pengelolaan Sekolah Menengah
Abstract
The purpose of this research is to describe and explain the perception of the head of senior high school or state vocational school in Bandar Lampung City towards transfer of middle school management. The method used in this research is descriptive method with a quantitative approach and data collection techniques using quistionnaires. The population in this research was 26 respondents and used saturated sampling so that the sample was the entire population which was the head of Senior High School or State Vocational School in Bandar Lampung City. The results pf the research showed that the perception of the head of Senior High School or State Vocational School in Bandar Lampung City was positive. The principal considers that the application of Law Number 23 Year 2014 concerning Regional Goverment is that middle school management by the Provincial Government can actually improve the quality of education.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan persepsi Kepala SMA/SMK Negeri di Kota Bandar Lampung terhadap pengalihan pengelolaan sekolah menengah berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 responden dan menggunakan sampling jenuh sehingga sampelnya adalah seluruh populasi yang merupakan kepala SMA/SMK Negeri di Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Kepala SMA/SMK Negeri terhadap Pengalihan Pengelolaan Sekolah Menengah di Kota Bandar Lampung adalah cenderung positif. Kepala sekolah menilai bahwa penerapan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa manajemen pengelolaan sekolah menengah di kelola oleh Pemerintah Provinsi justru dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Kata Kunci: manajemen sekolah menengah, kepala sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Daryanto, H.M. 2006. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Haenilah, EY. 2008. Dasar-dasar Kurikulum. Bandarlampung: Unila Hamdi, Asep Saepul. 2014. Metode Penelitian Kuatitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Imtima. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Grasindo Jelantik, K. 2015. Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional. DIY: CV Budi Utama
Junsu. 2013. “Definisi Respon Menurut Para Ahli”. Data Sosiologi. http://junsu.blog.fisip.uns.ac.id/0 13/06/20/definisi-respons-menurut-para-ahli/ (diakses pada 27 April 2016).
Notoatmodjo, S. 2007. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Pora, Yusran. 2004. Selamat Tinggal sekolah. Yogyakarta: Pressindo
Rahman, dkk. 2006. Peran Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Alqaprint.
Republik Indonesia. UUD 1945, Sekretariat Negara. Jakarta UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, Sekertariat Negara. Jakarta
UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Sekretariat Negara. Jakarta.
PERMENDIKNAS nomor 17 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, Secretariat Negara. Jakarta
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah. Sekretariat Negara. Jakarta
UU Nomor 5 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Sekertariat Negara. Jakarta Sarwono, Sarlito W. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Depok: Raja Wali Pers.
Prasetyo, Imam. 2017. Implementasi Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pengelolaan SMA/SMK ke Provinsi (Skripsi) Sugiyono. 2010. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta
Walgito, Bimo, 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Ofset
Refbacks
- There are currently no refbacks.