Peran Guru dalam Membangkitkan Partisipasi Peserta Didik pada Pembelajaran PKn Kelas VIII
Abstract
This study aimed to explain the role of the teachers in increasing participation of student in class VIII.2 at SMPN 1 Blambangan Umpu in 2017/2018. The method of this study is descriptive method with a quantitative approach. The number of population are 28 respondents with collecting data techniques used questionnaires and data analysis techniques used chi kuadrat. Based on the results of testing and discussion, it shows the role of the teacher in increasing the participation of students. This study explained that when the learning process takes place the teachers are able to optimize their role well, such as motivating, supervising and educating. So this can increasing student participation during the learning process. Student participation in this case in the form of listening, asking and arguing.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru dalam membangkitkan partisipasi peserta didik pada pembelajaran PKn kelas VIII.2 di SMPN 1 Blambangan Umpu tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Jumlah populasi sebanyak 28 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan chi kuadrat. Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan, menunjukan adanya peran guru dalam membangkitkan partisipasi peserta didik. Hal tersebut menerangkan bahwa ketika dalam proses pembelajaran berlangsung guru mampu mengoptimalkan perannya dengan baik seperti memotivasi, mengawasi dan mendidik. Maka hal tersebut dapat membangkitkan partisipasi peserta didik pada saat proses pembelajaran. Partisipasi peserta didik dalam hal ini berupa menyimak, bertanya dan berargumentasi.
Kata kunci: guru, partisipasi, peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2007. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
A. M, Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).
Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Bina Aksara.
Mulyasa, E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers
Silaen dan Widiono. 2013, Metodelogi Penelitian Sosial Untuk. Penulisan Skripsi dan Tesis, In Media
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.
Suparno,Paul, SJ dkk.2004. Pendidikan Budi Pekerti.Yogyakarta:Kanisius.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno, Hadi, 1986. Metode Research, Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM.
Refbacks
- There are currently no refbacks.