INTERNALISASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN PPKn

Achmad Susanto, Irawan Suntoro, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this research is to describe and analyze: internalization of nationalism value in pancasila and citizenship’s lesson on students in State junior high school 1 Bandar Sribhawono, east Lampung . The Methods that used in this research is survey’s method by descriptive quantitative approach. The Samples in this research are 84 respondents. Data Analysis used chi kuadrat and collecting data technique used questionnaire and supporting techniques used interviews and documentation. The result of this research indicated that the role of Pancasila and citizenship’s lesson in state junior high schools 1 Bandar Sribhawono are categorized had a role . Internalization of the nationalism values in public junior high school 1 Bandar Sribhawono are categorized successfully .The role of Pancasila and citizenship’s lesson in internalizing nationalism’s values at state junior high school 1 Bandar Sribhawono categorized has a role.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis : Internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKn pada peserta didik di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 responden. Analisis data menggunakan Chi kuadrat dan tenik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono dikategorikan berperan. Internalisasi nilai-nilai nasionalisme di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono dikategorikan berhasil. Peranan pembelajaran PPKn dalam internalisasi nilai-nilai nasionalisme di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono dikategorikan pada kategori berperan.

Kata kunci: internalisasi, nilai-nilai nasionalisme, peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. 2007.Sosiologi Sistematika dan Penerapan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta

Azyumardi Azra. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta:

Praneda Media

Fauzi, Rachman. “Teori Nasionalisme”.2012.(http://kim.pe

nsa-sb.info/dosen/artikeldosen/teori-nasionalisme/(Online), diakses 12 Januari 2018).

J Darminta, SJ. 2006. Praksis Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Kanisisus

H.M. Ridwan Nasir. 2010. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Masnur Muslich. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyana, Rahmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: CV Alfabeta

Mohammad Mustari. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sunarso, dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY Press

Sutoyo. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Syafaruddin dan Irwan nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching


Refbacks

  • There are currently no refbacks.