Pengaruh Pola Komunikasi Antar Suku Terhadap Pembentukan Sikap Toleransi Peserta Didik

Beni Pratama Damisma, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


This study aimed to analyze the influence of inter-ethnic’s communication pattern on the formation of tolerance attitude of students at junior high school PGRI 1 Kota Agung in 2017/2018. The method that used in this research is descriptive method with quantitative approach. The number of samples are 26 respondents with collecting data techniques used questionnaires and data analysis techniques used chi kuadrat. Based on the results of influence’s examination, indicated there is a strong influence between the inter-ethnic’s communication pattern and the formation of attitude tolerance of students. It means, the better pattern of communication among interethnic’s students will form an attitude of tolerance for the students. It is expected that students begin to realize that a good communication pattern will shape tolerance among the differences.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola komunikasi antar suku terhadap pembentukan sikap toleransi peserta didik di SMP PGRI 1 Kota Agung Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 26 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan chi kuadrat.Berdasarkan hasil pengujian pengaruh, menunjukkan adanya pengaruh yang kuat antara pola komunikasi antar suku terhadap pembentukan sikap toleransi peserta didik. Artinya, semakin baik pola komunikasi antar peserta didik yang berbeda suku maka akan terbentuk sikap toleransi dalam diri peserta didik. Diharapkan peserta didik mulai menyadari bahwa pola komunikasi yang baik akan membentuk sikap toleransi ditengah perbedaan.

Kata kunci : pola komunikasi, toleransi, peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rinneka Cipta.

Asadi, Muhammad. 2011. Karakter Orang Berdasarkan Etnisnya. Jogyakarta : Najah.

Aw, Suranto. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta : Graha

Ilmu

Cangara, Hafied. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT.

Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan

Anak dalam Keluarga. Jakarta : PT Reneka Cipta.

Hakim, Lukman. 2012. “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalay”. Ejurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, Vol 10 NO 1, 2012 pp 67-77. Diakses pada https://jurnal.upi.edu.

Kemdiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan

Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Koentjaraningrat. 2011. Pengantar Ilmu Antropologi 1. Jakarta : PT

Rineka Cipta.

Liliweri, Alo. 2007. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Rusyan, H. A. Tabrani. 2013. Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Pustaka Dinamika.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Suharyat, Yayat. 2009. “Hubungan antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia”. Ejurnal Region, Vol 1, NO 2, 2009 pp 1-19. Diakses pada https://ejournal-unisma.net.

Widiyanto, Bambang 2011. Manusia Dalam Kebudayaan Dan Masyarakat. Jakarta : Salemba Humaika.

Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.