Pengaruh Iklim Sekolah Dan Konsep Diri Terhadap Pembentukan Sikap Tanggung Jawab
Abstract
The research method used descriptive quantitative design. The population in this study were students of SMP Islam Terpadu Permata Bunda with a sample of 44 people. Data collection techniques used questionnaires and supporting techniques were interview, documentation and observation. The questionnaire technique is calculated by the formula product moment, spearman brown, interval and persentase. After being processed by using the formula of testing the first hypothesis, second, T test is applied through simple linear regression model, while for the third hypothesis is used F test through multiple linear regression model. The result of the research showed that there is influence of school climate towards the formation of responsibility attitude with the contribution of 15% , there is influence of self concept toward the formation of responsibility attitude with contribution 12,2%, there is influence of school climate and self concept toward the formation of responsibility attitude with contribution amounted to 23,7%.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Islam Terpadu Permata Bunda dengan sampel yang berjumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik angket dihitung dengan rumus product moment, spearman brown, interval dan persentase. Setelah diolah dengan menggunakan rumus menguji hipotesis pertama, kedua, digunakan uji t melalui model Regresi Linier Sederhana, sedangkan untuk hipotesis ketiga digunakan uji F melalui model Regresi Linier Multiple. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap pembentukan sikap tanggung jawab dengan kontribusi 15%, terdapat pengaruh konsep diri terhadap pembentukan sikap tanggung jawab dengan kontribusi 12,2%, terdapat pengaruh iklim sekolah dan konsep diri terhadap pembentukan sikap tanggung jawab dengan kontribusi sebesar 23,7%.
Kata Kunci: Iklim Sekolah, Konsep Diri, Sikap Tanggung Jawab
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Daryanto.2015.Pengelolaan Budaya Dan Iklim Sekolah. Gava Media: Yogyakarta
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta
Dwi Wahyu Saputro. (2013). Pengaruh Pendidikan Nilai Dalam Keluarga Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, Vol 1, No 9 (2013)
Pudjijogyanti, Clara. 1991. Konsep Diri Dalam Pendidikan. Arcan: Jakarta
Sobur, Alex. 2009. Komunikasi Orang Tua Dan Anak. Angkasa: Bandung
Siti Hamidah & Sri Palupi. (2012). Peningkatan Soft Skill Tanggung Jawab Dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri. Jurnal Pendidikan Karakter, No 2 (2012). Http://Dx.Doi.Org/10.21831/Jpk.Voi2.1299
Sugandhi. 2012. Perkembangan Peserta Didik : Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru Dilembanga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Rajawali Pers: Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.