Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SMAN 2 Gadingrejo
Abstract
The purpose of this research was explain and analyze how impact of school literation program toward state senior high school 2 Gadingrejo student interest 2017/2018 . A method used in this research is descriptive quantitative with sampel 65 respondents As sampel. A technique used for data collection is quisioner, interview and documentation and data analyzed using chi square. Based on the research it was discovered that there are a very strong and significant impact between implementation of school literation program with an increase of state senior high school 2 gadingrejo student interest in school term 2017/2018. This means a better implementation of school literation program will make a better student reading interest, more one is showed signs of positive sentiments an increase in reading interest of school tuition.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis bagaimana pengaruh program literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik di SMA Negeri 2 Gadingrejo tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel 65 responden. Teknik yang digunakan, untuk pengumpulan data, adalah menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan chi kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara pelaksanaan gerakan literasi sekolah dengan peningkatan minat baca peserta didik di SMA Negeri 2 Gadingrejo tahun pelajaran 2017/2018. Artinya semakin baik pelaksanaan gerakan literasi sekolahnya maka akan semakin positif peningkatan minat baca peserta didik.
Kata kunci: Literasi, minat baca, peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bahri, Djamarah S. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahim Farida. 2011. Pengajaran membaca di sekolah Dasar.Jakarta: Bumi aksara.
Surakhmad, Winarno. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah : Dasar, Metode dan Teknik. Bandung : Tarsito.
Tirtarahardja Umar & Sulo. 2005. Pengatar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Yunus Abidin, dkk . 2017. Pembelajaran literasi. Jakarta: Bumi aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.