Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn pada Siswa Kelas V SD

Muhammad Hidayatullah, Adelina Hasyim, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The objectives of this study is to explain the relationship between learning motivation and learning result of PPKN for students. Research method used in this research are correlation, approach that used is quantitative research and research type is survey. Population in this study is all students of grade 5 public elementary school 2 Campang Raya. Ninety Students are become research samples. The result of the research is there is a positive correlation between learning motivation and learning result of PPKN at 5 grades students in public elementary school 2 CampangRaya, Bandar Lampung 2016/2017.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dan pendekatannya yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Campang Raya dengan jumlah 90 siswa yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn pada siswa kelas V SD Negeri 2 Campang Raya Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: belajar, hasil, motivasi.


Full Text:

PDF

References


Abidin. 2014. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di MI Taman Bakti Bogor. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Arikunto, Suharismi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryono. 2011. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Koeswanti, Heny D. 2013. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kranggan Temanggung. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. PT Tarsiti: Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.