Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Desi Wulandari, Adelina Hasyim, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this research is analyze influence the acceptance of new students through zoning system toward 7th grade classes student learning achievements in State Junior Highscool 1 Labuhan Ratu East Lampung . Research methods that were used in this research was descriptive method with the quantitative approach. The sample in this research is 32 respondents. Data collection techniques using question form and data analysis using the chi kuadrat. Based on the results of the research that has been done It was discovered that there have been instances of the influence which is positive or significant between the acceptance of new students through zoning system toward 7th grade classes student learning achievements in State Junior Highscool 1 Labuhan Ratu East Lampung.

Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Labuhan Ratu Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif atau signifikan dengan kategori keeratan tinggi antara penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Labuhan Ratu Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata kunci : peserta didik , prestasi belajar, zonasi.


Full Text:

PDF

References


Komara, indra bangkit. 2016 Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Psikopedagogia Universitas Ahmad Dahlan 2016. Vol. 5, No. 1 .Diakses pada http://journal.uad. ac.id/index.php.

Thaib, eva nauli. 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika VOL. XIII, NO. 2, 384-399. Diakses pada http: //jurnal.arraniry.ac.id/index.php.

Ulfah, asri. Dkk. 2016. Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Penerimaan Peserta Didik Online. Diakses pada http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.