Pengaruh Aktivitas Siswa Dalam (OSIS) Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKn

Okta Setiawan, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The research methal to analyze find out of effect intra school stundent organization for learning achievment civic education in senior high school utama 2 bandar lampung. The research method used in this research is correlation. The sample in this study were 20 respondents. Data collection techniques used questionnaires and data analysis using Chi Square. The results of this study show that not increas knowledge, discipline and skills, with activeness in OSIS activities can add broad, skillful, critical, disciplined and creative insight on the basis of these students more to want to know, thus encouraging them to be more active learning especially learning independent to enrich the knowledge that ultimately can improve the learning achievement what is obtained in the learning process is supported by the knowledge in the activities of OSIS in schools and outside school.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh aktivitas pada kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PKn di SMA Utama 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kolerasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak meningkatkan pengetahuan, kedisiplinan dan keterampilan, dengan keaktivan dalam kegiatan OSIS dapat menambah wawasan yang luas, terampil, kritis, berdisiplin dan kreatif dengan dasar tersebut siswa lebih banyak untuk ingin tahu, sehingga mendorong mereka untuk lebih giat belajar terutama belajar mandiri untuk memperkaya ilmu pengetahuan yang akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar apa yang diperoleh dalam proses belajar mengajar ditunjang dari pengetahuan dalam keaktifan kegiatan OSIS sekolah maupun di luar sekolah.

Kata kunci: OSIS, Siswa, Prestasi Belajar



Full Text:

PDF PDF

References


Cook Thomas D, Qualitative and Quantitative Methods Instrumen Evaluation Research, sage Publication, Beverly Hills, 1979.

Diarsih, Kadek. 2015. Pengaruh Partisipasi Pada Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Sikap Demokratis Siswa Di SMA Negeri 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Lampung.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Peraturan Menteri. Pendidikan Naisonal Republik Indonesia Nomor 39 Tentang Kesiswaan. Jakarta: Depdikbud.

Saifudin, Azwar. 2012. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Slameto, 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pasaribu, Willer. Kepemimpinan Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolahdi SMTA.Medan : PT Rineka Cipta.

Universitas Lampung. 2010. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung.

Wikipedia. 2014. Organisasi Siswa Intra Sekolah. Diakses dari http://id.

Wikipedia.org/wiki/Organisasi Siswa Intra Sekolah Pada tanggal 23 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.