Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah

Siti Rahmadina, Hermi Yanzi, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The aim of this study was to describe teachers perception toward the use of student worksheet in SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah. This research was quantitative descriptive research. The subjects of this research were 43 teachers of SMP 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Data collecting technique of this research was basic questionnaire tecnique, the instruments were interview, documentation, and observation while the reability by using questionnaire was used as data analysis. The result of this study showed that teachers perception toward student worksheets in SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah is expected although less to understand therefore most of teachers agrees toward the use of student worksheet in the school.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian guru di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah yang berjumlah 43 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik pokok angket, dan teknik penunjang adalah wawancara, dokumentasi dan observasi sedangkan analisis data menggunakan reliabilitas dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah adalah sesuatu yang diharapkan meskipun cenderung kurang paham sehingga sebagian besar menyetujui Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) disekolah

Kata Kunci: persepsi,penggunaan,lembar kegiatan peserta didik


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arsyad,Azhar. 2005. Media Pemblajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2015. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa. 2011. Rahasia Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasir, Muhammad. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta : Diva PRESS.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta :C.V Andi Offset.

Widyastuti, Yeni. 2014. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Fisip Untirta Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.