Efektivitas Ruang Henti Khusus dalam Menciptakan Tertib Lalu Lintas di Kota Bandar Lampung
Abstract
This study aims to know and explain how the effectiveness of exclusive stopp space (ESP) in creating ordered traffic in Bandar Lampung City. In this study the author used quantitative descriptive method. The research population was Traffic Police Directorate of Lampung Police with samples taken were 25% from number of population that was 201 respondent. data collection used wasquestionnaire and its supporting technique were interview and questionnaire. The results of this study indicate that the effectiveness of exclusive stop space in Bandar Lampung City is ineffective. This can be seen from the result of understanding, responses, and expectations of the police in the Directorate of Lampung Police on the application of exclusive stop space. the citizen considers that the Exclusive Stop space of two-wheeled vehicles does not work effectively in overcoming traffic congestion problem in Bandar Lampung City.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana efektivitas ruang henti khusus (RHK) dalam menciptakan tertib lalu lintas di Kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. populasi penelitian ini adalah Polisi Lalu Lintas Direktorat Polda Lampung dengan sampel yang diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi yaitu 201 responden. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik penunjangnya adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa efektivitas ruang henti khusus di Kota Bandar Lampung adalah tidak efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil pemahaman, tanggapan, dan harapan pihak polisi di Direktorat Polda Lampung terhadap penerapan ruang henti khusus. Masyarakat menganggap bahwa Ruang Henti Khusus kendaraan roda dua tidak berfungsi dengan efektif dalam mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di Kota Bandar Lampung.
Kata kunci: efektivitas, ruang henti khusus, lalu lintas
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pekerjaan Umum, 2012. Modul Pelatihan Perancangan RHK, Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan - Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan, Bandung.
Idris, M, Laporan Akhir, 2007, Pengembangan Standar Lajur Sepeda Motor pada Ruas Jalan dan Persimpangan, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Departemen Pekerjaan Umum, Bandung.
Rakasiwi, Widya Ayu. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Tata Hidang Siswa Kelas X Jurusan Jasa Boga Di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta [online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/8472/. 13 Februari 2017.
Republik Indonesia, 2009. Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Yogyakarta : Pustaka Mahardika.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.