Peranan Guru Terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa
Abstract
The purpose of this study was to analyze and explain the role of teachers to the social attitude change of students class 8 SMP Negeri 1 Bumi Ratu Nuban. The method used in this research was descriptive method with quantitative approach. The subjects of research were teacher and students. Data collection was done by using questionnaires, interviews, and documentation. The credibility test used percentage and Chi Square. The result of the research showed that there is a significant influence of the teacher role in the social attitude change of students in SMP Negeri 1 Bumi Ratu Nuban seen from the result of questionnaire of the researcher. The suggestion is that the teacher should communicate the importance of social attitude for the students.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan peranan guru terhadap perubahan sikap sosial siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Bumi Ratu Nuban. Metode yang digunakan dalam penelitian merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan siswa-siswi. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas menggunakan persentase dan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukan terdapat peranan guru yang sangat berpengaruh dalam perubahan sikap sosial siswa di SMP Negeri 1 Bumi Ratu Nuban dilihat dari hasil angket peneliti. Saran yang diajukan agar guru lebih mengkomunikasikan lagi pentingnya sikap sosial bagi peserta didik.
Kata kunci: peranan guru, sikap sosial, siswa
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aviata. 2010. Perubahan-Perubahan dan Teori Para Ahli. Diakses dari http://mariozefanya.blogspot.com/2010/11/definisi-perubahan.html pada 15 Februari 2017 pukul 10.00 WIB.
Azwar, S. 2010. Pengertian Sopan Santun. Diakses dari http://hondacbmodifikasi.com/pengertian-rti-sopansantun.html pada 15 Februari 2017 pukul 10.40 WIB.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Herimanto dan Winarno. 2012. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013. Jakarta: Permendikbud.
Saifuddin. 2012. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Edisi Baru Rajawali Pers.
Refbacks
- There are currently no refbacks.