Hubungan Budaya Sekolah dan Mata Pelajaran PPKn Dengan Pembentukan Sikap Sosial Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan budaya sekolah dan mata pelajaran PPKn dengan pembentukan sikap sosial pada siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 237 responden dan sampel 59 responden. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik penunjangnya adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat antara budaya sekolah dan mata pelajaran PPKn dengan pembentukan sikap sosial. Budaya sekolah yang ada akan membentuk sikap sosial yang positif, mata pelajaran PPKn yang diberikan akan membentuk sikap sosial yang positif. Maka adanya pengaruh terhadap hubungan budaya sekolah dan mata pelajaran PPKn dengan pembentukan sikap sosial pada siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017.
This study aimed to explain the relationship between school culture and PPKn subjects towards the establishment of social attitudes on students grade XI at SMA Negeri 3 Bandar Lampung in 2016/2017 academic year. In this study the authors used descriptive research method with a quantitative approach by 237 respondents of population number and 59 respondents of sample. Data collection used questionnaire and its supporting technique was interview and documentation. The result of this research, there was a strong relationship between school culture and PPKn subject towards the establishment of social attitude. The existing school culture will establish a positive social attitude, PPKn subjects, that was given, will establish a positive social attitude. So, there wasthe influence on the relationship between school culture and PPKn subjects towards the establishment of social attitudes on students grade XI at SMA Negeri 3 Bandar Lampung in 2016/2017 academic year.
Kata kunci: budaya sekolah, PPKn, sikap sosial
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
__________. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Mohammad. 2000. Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azra, Azyumardy, dkk. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta Timur: Pernada Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
_________. 2006. Model-Model Pembelajaran yang Efektif. Bahan.
Hadi, Sutrisno. 2001. Metedologi Researtch Fakultas Fisikologi UGM Yogyakarta.
Kikyuno. 2012. Makalah Budaya Sekolah. Blogspot.com. Mei 2012.
Maarat. 1991. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Numan Soemantri, M. Dkk. 2010. Inovasi Pembelajaran IPS. Bandung: Rizki Press.
Saifudin, Azwar. 2002. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Persiti.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.
Zamroni. 2003. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.
Refbacks
- There are currently no refbacks.