Peranan Lembaga Sosial dalam Melestarikan Adat Budaya Lampung Pada Remaja

Risva Nita, Hermi Yanzi, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The reseach aimed to describe the role of social institutions that work to conserve and develop the cultures and custom in Lampung. The research used descriptive-qualitative metode. The subject of this study was the family and the ethnic group. The techniquess used in the study were interview, observation, and documentations. The reseach showed that the ethnic group in Panaragan Jaya was not contributing toward the conservation of the cultures and custom in Lampung because each groups were aware of their own roles. However, the conservation activities were not complete yet. Hence,the society should participate actively participate to any kind of activities that are.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peranan lembaga sosial yang bertujuan untuk melestarikan dan menumbuh kembangkan adat dan budaya Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu lembaga keluarga dan lembaga adat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan lembaga sosial di Desa Panaragan Jaya dalam melestarikan budaya Lampung yaitu tidak berperan, karena lembaga sosial di Desa Panaragan Jaya cenderung mengerti terhadap peran masing-masing, tetapi aktivitas yang dilakukan belum terlalu sempurna atau belum terlalu direalisasikan. Oleh sebab itu masyarakat harus berperan aktif dalam mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian adat budaya Lampung.

Kata kunci: lembaga sosial, adat budaya Lampung, remaja.


Full Text:

PDF

References


Hadikusuma, Hilman. 1989. Masyarakat dan Adat Budaya Lampung. Mandara Maju. Bandung.

Nasrullah, Rulli. 2012. Komunikasi Antar Budaya di Era Budaya. Siber. Ciputat: Kencana Prenada Medi Grup.

Nurhayati. 2015. Peran Lembaga Sosial Terhadap Pembinaan Moral Remaja Di Desa Bangun Rejo Dusun Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi Jurusan Pendidikan IPS. Lampung: FKIP UNILA.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekata Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soekanto. 2002. Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sujadi, Firman. 2002. Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai. Cibubur, Jakarta: Cita Insan Madani.

Wulansari, Dewi. 2009. Sosiologi Konsep dan Teori. Bandung: Refika Aditama

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.