Pengaruh Sosialisasi Dan Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Minat Pembuatan Akta Kematian

Siti Lindriati, Irawan Suntoro, Berchah Pitoewas

Abstract


The purpose of this study were to analyze and describe the effect of socialization and level of understanding about the making of death certificate against the interest of making the death certificate on the people in Purworejo. The research method used in this research was quantitative descriptive.And this type of research was ex post facto associative research with regression analysis both simple and double with help of SPSS program version 19. Subjects in this research were the people in Purworejo with the population of 94 head of the family. To collect the data in this research it used questionnaire technique as main technique, while the supporting techniques were observation and documentation. The results obtained in this research indicated that, there was the effect of socialization and level of understanding about the making of death certificate to the interests of making the death certificate on the community in Purworejo.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh sosialisasi dan tingkat pemahaman tentang pembuatan akta kematian terhadap minat pembuatan akta kematian pada masyarakat di desa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahkuantitatif deskriptif. Dan jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif ex post facto dengan analisis regresi baik sederhana maupun ganda dengan bantuan program SPSS versi 19. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat di Desa Purworejo dengan populasi sebanyak 94 kepala keluarga. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket sebagai teknik pokok, sedangkan teknik penunjangnya adalah observasi dan dokumentasi.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh sosialisasi dan tingkat pemahaman tentang pembuatan akta kematian terhadap minat pembuatan akta kematian pada masyarakat di desa Purworejo.

Kata kunci : minat, sosialisasi, tingkat pemahaman.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1992. Psikologi Umum. Jakarta: Rieneka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

_________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktis.Jakarta:Rineka Cipta

Fathoni, Ahmad. 2014. Pengertian sosialisasi dalam www.zonasiswa.com diakses tanggal 10 Februari 2017

Hidayat Komaruddin. 2015. Psikologi Kematian.Jakarta: PT. Mizan Publika.

Ihrom. 2004. Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kartini, Kartono. 2006. Pengantar Metodologi Riset Sosial PT. Almunium, Bandung

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 1983 tentang Organisasi dan Tata Kerja kantor catatan sipil Kabupaten/Kota Madya

Khamisa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Cahaya Agency.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.