Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Nilai Pada Uji Kompetensi Guru (UKG)

Rian Kusumawati, Berchah Pitoewas, Hermi Yanzi

Abstract


The purpose of this research was to know the factors influencing the low value in the Teacher Competency Test (UKG) in SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung In 2015. The method used was descriptive with quantitative approach with the subject of teacher research in SMA Azhar 3 Bandar Lampung who take the UKG test in 2015. The study population was 41 people. The main techniques of this study were questionnaires while interviews and documentation as a supporting technique. The result of this research shows that the factors influencing the low value in the Teacher Competency Test (UKG) in SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung which was consisted of two factors, internal and external factors. Internal factors were teacher competence, teacher literacy ability, and teacher professionalism. While the external factor is the composition of the problem.

Tujuan penelitian untuk mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Nilai pada Uji Kompetensi Guru (UKG) di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung Tahun 2015. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian guru di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung yang mengikuti tes UKG tahun 2015. Populasi penelitian adalah 41 orang. Teknik pokok penelitian ini adalah angket sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Hasil penelitian, menunjukkan faktor yang mempengaruhi rendahnya nilai pada Uji Kompetensi Guru (UKG) di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut yaitu kompetensi guru, kemampuan literasi guru, dan profesionalisme guru. Sedangkan faktor eksternal yaitu komposisi soal.

Kata kunci : guru, kompetensi dasar, uji kompetensi guru (UKG)


Full Text:

PDF

References


Hamalik. Oemar. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan. 2003. Sistem Pendidikan Nasional (Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003). Pusat Kurikulum Jakarta.

Departemen Pendidikan. 2005. Guru dan Dosen (Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005). Jakarta.

Departemen Pendidikan. 2005. Standar Nasional Indonesia (Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2005). Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. Jakarta.

Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah. Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Prenada Media.

Pidarta. Made. 1986. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.