Hubungan Pemahaman Siswa Tentang Undang Undang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Dengan Pelanggarannya

Eka Apriyani, Adelina Hasyim, Hermi Yanzi

Abstract


The purpose of this study is to explain the relationship of students' understanding of the Law on Traffic and Road Transport with violations class X State Senior High School 2 Tulang Bawang Tengah. The method used in this research was descriptive correlational method with quantitative approach. The population in this study were the students of class X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah with a sample of 40 respondents. The main techniques of data collection by using questionnaires and supporting techniques are documentation, observation and interviews. Based on the results of hypothesis analysis test, there is a very close relationship between the Student's Understanding of the Law of Traffic and Road Transport With Violations in X grades SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan pemahaman siswa tentang Undang Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan pelanggarannya dikelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sisw kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah dengan sampel berjumlah 40 responden. Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan angket serta teknik penunjangnya adalah dokumentasi, observasi dan wawancara.Berdasarkan hasil uji analisis hipotesis, yang dilakukan maka terdapat hubungan yang sangat erat antara Pemahaman Siswa Tentang Undang Undang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Dengan Pelanggarannya Dikelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah.

Kata kunci: pelanggaran, pemahaman, UU lalu lintas dan angkutan jalan


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sekertariat Negara. Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta Selatan: Ditlantas Babinkam Polri.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.