Persepsi Guru Tentang Kendala Pelaksanaan Beban Kerja Guru Pada Beberapa Mata Pelajaran

Heni Istiani, Adelina Hasyim, Hermi Yanzi

Abstract


The purpose of this research to describe teachers perception of obstacles the teacher workload on some lesson at junior high school 1 Seputih Agung. Research method used descriptive with the subject of qualitative research government employees teachers that teachers teaching some subjects in a school. Government employees teachers who teaching in some schools and government employees teachers who teaches some subjects and in some schools. Engineering collection on interview, observation and analysis documentation using the credibility with extra time and triangulation. This research result indicates that teacher perception of obstacles the teacher workload on some subjects at junior high school 1 Seputih Agung is ineffectiveness teachers Power, teachers time and teachers thought In implementing teacher workload and implement additional tasks and Teachers intend to meet teacher workload in accordance with the rule in laws Number 14 years 2005.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Persepsi Guru Tentang Kendala Pelaksanaan Beban Kerja Guru pada Beberapa Mata Pelajaran di SMP Negeri 1 Seputih Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Guru PNS yang mengajar beberapa mata pelajaran di suatu sekolah,Guru PNS yang mengajar di beberapa sekolah dan Guru PNS yang mengajar beberapa mata pelajaran dan di beberapa sekolah.Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan waktu dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kendala pelaksanaan beban kerja guru pada beberapa mata pelajaran di SMPN 1 Seputih Agung adalah ketidakefektifan tenaga, waktu dan pikiran guru dalam melaksanakan beban kerja guru yang meliputi 24 jam 40 jam namun guru tetap melaksanakan beban kerja tersebut yang terdiri dari tugas pokok sesuai dengan aturan yang ada dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005.

Kata kunci : beban kerja, guru, mata pelajaran


Full Text:

PDF

References


Djamarah Syaiful, Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Firdaus, Aziz. 2012. Metode Penelitian. Tanggerang: Jelajah Nusa.

Hamalik, Oemar.2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamzah B, Uno, 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B, Uno. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Sarlito, Sarwono. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogjakarta : Graha Ilmu.

Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologis Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.