Sikap Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Lampung Terhadap Program SM3T

Nur Anita Sari, Hermi Yanzi, Yunusca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this research decrypt students attitude of program study ppkn fkip lampung university toward sm3t program. Research methodology that used in this research is descriptive with the quantitative approach, samples to be taken by 31 students. Data collection Technique using closed questionnaire and Likert scale questionnaire, then using formulas interval and the percentage to analyze.The results of the study is students attitude of program study fkip lampung university toward sm3t program can be described as agreed, because it was they support with the establishment of sm3t program in order to overcome a lack of teachers in the 3t . Tendency student acting toward sm3t program included in the category of neutral, so that the researcher and students having a positive attitude or support.

Tujuan penelitian ini mendekripsikan Sikap Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas lampung Terhadap Program SM3T. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sampel yang diambil sebesar 31 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan angket skala likert, kemudian untuk menganalisis menggunakan rumus Interval dan Persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sikap Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas lampung Terhadap Program SM3T dapat dikategorikan setuju, hal ini dikarenakan mereka mendukung dengan dikeluarkannya program SM3T guna mengatasi kurangnya tenaga pendidik di daerah 3T.kecenderungan bertindak mahasiswa terhadap program SM3T masuk dalam kategori netral, maka menurut peneliti mahasiswa memiliki sikap yang positif atau mendukung.

Kata kunci : mahasiswa, sikap, SM3T


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Damanhuri S, didin. 1985. Menerobos Krisis. Jakarta : PT Inti Sarana Aksara

Danarjati, dkk. 2013. Pengantar psikologi umum. Yogyakarta :Graha ilmu

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2012. Pedoman Pelaksanaan Progam SM3T. Jakarta

Keputusan Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2788/E4.6/2011 tentang Penempatan Lembaga Pendididkan Tenaga Kependidikan (LPTK) Penyelenggara Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T)

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. 2015. Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta : Kepaniteraan dan seketariat Jenderal Mahkamah Konstitusi RI 1945

Rahmawati. 2006. Mahasiswa Dan Demokrasi. Bandung : Pustaka Setia

Salam, burhanuddin. 2004. Cara Belajar Yang Sukses Di Perguruan Tinggi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sangadji M. Etta, dkk. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : C. V Andi Offset

Sarwono, dkk. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

Slamet R, Margono. 1985. Mahasiswa Dalam Pembangunan. Bandar Lampung

Suyono.A2011.pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Yogyakarta : Graha ilmu

Taniredja, Tukiran. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : Ombak

Unila. 2013. Peraturan akademik universitas lampung. Bandar lampung : unila

Walgito, Bimo.2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Widyastuti, Yeni. 2014. Psikologi Sosial. Yogyakarta : Graha Ilmu

Yusuf, dkk. 2012. Perkembangan peserta didik. Jakarta : PT RajaAGrafindo persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.