Peranan Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan dan Kegiatan Belajar Siswa Penderita Tuna Rungu
Abstract
The purpose of the research is to explain the teachers role in instilling the value of discipline and learning activities of deaf students in Extraordinary School PKK Bandarlampung 2016.This research used qualitative method, the subject of this research are teachers in Extraordinary School PKK Bandarlampung totaling 2 peoples. The technique of collecting data using triangulation and the data analysis using observation, interview, and documentation.The result of the research there is a teachers role in instilling the value of discipline and learning activities of deaf students in Extraordinary School PKK Bandarlampung. This shows that the higher teachers role in Extraordinary School PKK Bandarlampung it will be the better in instilling the value of discipline and learning activities of deaf students.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan Peranan Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan dan Kegiatan Belajar Siswa Penderita Tuna Rungu di Sekolah Luar Biasa PKK Bandarlampung Tahun 2016.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru di Sekolah Luar Biasa PKK Bandarlampung yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi dengan analisis data menggunakan observasi, wawancara kemudian dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat peranan guru dalam menanamkan nilai kedisiplinan dan kegiatan belajar siswa penderita tuna rungu di Sekolah Luar Biasa PKK Bandarlampung. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi peran guru di Sekolah Luar Biasa PKK Bandarlampung maka akan semakin baik pula dalam menanamkan nilai kedisiplinan dan dalam kegiatan belajar siswa penderita tuna rungu.
Kata kunci : kedisiplinan, peranan guru, tuna rungu
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdulsyani. 2007. Pengantar Antropologi Memahami Realitas Sosial Budaya. Malang: Intrans Publishing.
Darmadi, Hamid. 2013. Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Bandung. Bandung: Alfabeta.
Dwidjosumarno, Andreas. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salim, Mufti. 1984. Pendidikan Anak Tuna Rungu. Jakarta: Yayasan Santi Rama.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Somantri, Sutjihati., (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama
Sugiyono. (2010). Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.