HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN DI PAKET C

Meliansari Meliansari, Adelina Hasyim, Hermi Yanzi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan kemampuan belajar mandiri dengan hasil belajar mata pelajaran PPKn di Paket C di Desa Wiyono Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif, subyek penelitian yang berjumlah 38 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Analisi data menggunakan Chi Kuadrat.Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara kemampuan belajar mandiri dengan hasil belajar mata pelajaran PPKn di Paket C di Desa Wiyono Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran, dimana kemampuan belajar mandiri peserta didik cenderung kurang mandiri karena keterbatasan waktu belajar serta minimnya fasilitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn cenderung sedang, hanya berkisar antara 60 70 dalam kategori keeratan sedang.

The aim of this research was to explain the relationship between self study ability with the study result of Pancasila and civic education of C Package in Wiyono village Gedung Tataan sub district Pesawaran regency in academic year 2016/2017. The method used in this research was correlation by using quantitative approach, subyek of research were 38 respondents. The technique of data collecting used questionnaire, observation, and interview. Data analysis using Chi Square. As the result of this research there is a positive relationship between self study ability with the study result of civics and education of C Package in Wiyono village Gedung Tataan sub district Pesawaran regency, where the self study ability of student most probably low because of less time of learning and lack of learning facilities and the result of the student in civic and education is moderate, it was only between 60 70 and it is categorized as moderate

Kata kunci: hasil belajar PPKn, kemampuan belajar mandiri, pembelajaran PPKn


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

B, Elaine Johnson. 2006. Contextual Teaching and Learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta; Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar.2011.Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis TIK. Bandung: Alfabeta.

Murdiono, Mukhamad. 2012. Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudaryono, dkk. 2012.Pengembangan instrument penelitian pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uno Hamzah B. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.