Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Keaktifan Belajar pada Siswa Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental desain dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 107418 Bangun Sari Baru yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa. teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik Pengambilan data dilakukan dengan lembar observasi keaktivan siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap keaktivan belajar siswa kelas V SDN 107418 Bangun Sari Baru. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney pada tarif signifikan 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000. Karena nilai signifikan U-test < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Pd, S., Mu’, A., Saud, M., & Pd, M. (2016). Penggunaan Metode Inkuiri Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.
Agustianti. (2022). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. In Tohar Media (Issue Mi).
Artoldus Marianus Huntar. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Vii-3 Smp Negeri 23 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017. 111–116.
Batoq, I., Susila, I., & Rijanto, T. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sistem Pendinginan Bahan Bakar Dan Pelumas Di Smkn 3 Sendawar. Jurnal Pendidikan Vokasi Unesa, 3(02), 117–126.
Bunaiya Marfuzah, Mawardi Umar, M. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Peusangan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(3), 134–146. https://doi.org/10.24815/jimps.v7i3.21042
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Fahmi, Z. (2013). Indikator Pembelajaran Aktif Dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem). Al-Ta Lim Journal, 20(1), 278–284. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.24
Harna, & Sukarno, A. (2021). Konsep dan Implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada Mahasiswa Program Studi Keperawatan. Forum Ilmiah, 18(4).
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Humairoh, & Sabri. (2013). Upaya Meningkatkan Hail Belajar PKn Pada Pokok Bahasan Sumpah Pemuda Melalui Strategi. Ibtida’i, 3, 225–242.
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.
Khairah, D. I. U., Mudakir, I., & Wahono, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Mangaran
Situbondo. Jurnal Edukasi, 4(3), 6. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6046
Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 173–180.
Khusna, A., Sulianto, J., & Widyaningrum, A. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTU MEDIA CD INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Penelitian Ilmu Penididikan, 10(2), 136–148.
Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.
Mukhlison Effendi. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–308.
Naimi, N., Azizah, A., Pendit, S. S. D., Zunaedi, K. R., Isman, M., & Sitepu, M. S. (2023). Efektivitas E-Modul Dilan Berbasis Android (DIDROID) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 536. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7281
Natalis Sukma Permana. (2023). GAME BASED LEARNING SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI DAN INOVASI PEMBELAJARAN BAGI GENERASI DIGITAL NATIVE. Jurnal Pendidikan Agama Katolik (JPAK), 22(2), 313–321. https://doi.org/doi.org/10.34150/jpak.v22i1.433
Palahudin, P., Hadiana, M. E., & Basri, H. (2020). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.9776
Petta Solong, N. (2021). Manajemen Pembelajaran Luring dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 19–32. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2064
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Ramadhani, S., Putri Yanti Pulungan, D., & Sitepu*, M. S. (2024). The Effect of Using Pop Up Book Media on Critical Thinking Ability. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(2), 750–754. https://doi.org/10.24815/jr.v7i2.38735
Ratna Duhita Pramintari, S. T. (2021). PERANAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI HAK & KEWAJIBAN TERHADAP LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR. PEDAGOGIK, IX(2), 71–79.
Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37
Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sitompul, D. N., & Cahya, E. D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Dengan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2022 / 2023. Liabilities, 5(3), 23–29.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v6i2.32519
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.