Peningkatan Kinerja Guru dan Kepala Madrasah melalui Monitoring dan Evaluasi di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dan kepala madrasah melalui monitoring dan evaluasi di madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain yang dilakukan berupa penelitian Tindakan Kepengawasan. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Subjek penelitian difokuskan pada guru dan kepala madrasah di MI Fatimah, Firdaus, dan Nusantara. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Forum Group Discussion (FDG) dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model alur yang terekam dalam catatan lapangan yang teridiri dari tiga alur kegiatan yang terdiri dari reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap guru dan kepala madrasah pada kondisi awal (Siklus I) dan kondisi akhir (siklus II) menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kinerja guru kelas maupun kepala madrasah ditinjau dari kompetensinya. Kegiatan monitoring dan evaluasi memberikan manfaat dalam meningkatkan kemampuan guru maupun kepala madrasah dengan baik. Kompetensi guru diantaranya kompetensi pedagogic, kepribadian, social dan professional. Sedangkan kompetensi kepala madrasah diantaranya, kompetensi keprobadian sosial, kompetensi pembelajaran, pengembangan madrasah, manajemen sumber daya, kewirausahaan, supervisi pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, R. K. (2020). Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal: Journal Education Research and Development, 5(2), Agustus, 255-262. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525 .s
Harjanto. (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Karim. (2023). Pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran di SMP Negeri 1 Batu Ampar Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora Vol. 9 No. 1 Januari, 220-234.
Miyono, N., & Makhsun, N. (2017, Desember). Kompetensi Budaya Kerja Guru dalam Membentuk Proesinalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung. Retrieved from Research Gate: https://www.researchgate.net/publication/322135129_KOMPETENSI_DAN_BUDAYA_KERJA_GURU_DALAM_MEMBENTUK_PROFESIONALISME_GURU_MADRASAH_IBTIDAIYAH_DI_KABUPATEN_TEMANGGUNG
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.
Putra, L., Hawa, A., & Safitri, H. (2020). Supervisi Akademik Berbasis Monitoring dan Evaluasi bagi Pembinaan Pedagogik Guru. Jurnal Ilmu Pendiidkan Vol. 1 No. 2 Desember , 43-49.
Rosmiati, T., & Kurniady, A. (2008). Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, S. d. (2003). Media Pendidikan . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sulistiyani, A. T., & Rosidah. (2003). Manajemen dan Sumber Daya Manusia: Konsep Teori dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sururama, R. (2019). Upaya Peningkatan Kinerja Pendidik Melalui Monitoring dan Evaluasi di Akademi Keperawatan Rumkit TKT.III Teling Manado Provinsi Sulawesi Utara. TRANSFORMASI: JURNAL MANAJEMEN PEMERINTAHAN VOL. 11 NO. 1 MARET , 43-60.
Suryana, A. (Tanpa Tahun). Strategi Monitoring dan EValuasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah. Retrieved from Direktori Universitas Pendidikan Indonesia: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197203211999031-ASEP_SURYANA/Copy_of_STRATEGI_MONITORING_DAN_EVALUASI.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v6i1.29196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.