Systematic Literatur Review : Urgensi Pendidikan Multikultural dalam Mencegah Sikap Etnosentrisme di Lingkungan Pendidikan

Satrio Alpen Pradanna, Muhammad Malik Purnama, Susan Fitriasari

Abstract


Indonesia merupakan sebuah negara yang multikultural dengan banyak sekali keragaman budaya, dengan keberagaman tersebut perlu suatu kompetensi multikultural untuk senantiasa menciptakan toleransi antar masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penanaman nilai multikultural untuk mencapai kompetensi multikultural di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literatur Review (SLR) dengan mengumpulkan literatur yang terkait melalui search engine yakni Google Scholar, kemudian literatur yang ditermukan dianalisis sesuai dengan topik yang dipilih. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlu adanya penanaman nilai multikultural di lingkungan pendidikan sehingga menciptakan pendidikan yang inklusif karena civitas akademika di lingkungan pendidikan memiliki kompetensi multikultural untuk menunjang toleransi dalam bingkai keberagaman Indonesia.

 

Kata Kunci: Etnosentrisme, Kompetensi, Nilai, Multikulturalisme dan Sikap.


References


Amanda, A. (2017). Etnosentrisme, Stereotip dan Prasangka Di Kalangan Karyawan Etnis Jawa Dan Tionghoa Di Kota Surakarta. Transformasi, 2(32), 86–92.

Anwar, R. (2018). Hambatan Komunikasi Antarbudaya Di Kalangan Pelajar Asli Papua Dengan Siswa Pendatang Di Kota Jayapura. Jurnal Common, 2(2), 139–149. https://doi.org/10.34010/common.v2i2.1190

Arphattananon, T. (2018). Multicultural education in Thailand. Intercultural Education, 29(2), 149–162. https://doi.org/10.1080/14675986.2018.1430020

Candra, I. A. I. (2021). Analisis Motif Batik Maluku Dalam Membangun Pendidikan Multikultural. Imaji, 19(2), 133–142. https://doi.org/10.21831/imaji.v19i2.44285

Harmi, H. (2021). Tradisi Pendidikan Multikultural Pada Kampus-Pesantren STIQ An Nur Yogyakarta. Jurnal Kajian Keislaman, 6(1), 37–58. https://doi.org/10.29240/jf.v6i1.2515

Hidayat, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Multikulturalisme Dalam Pembelajaran Sejarah Indoensia. Jurnal Artefak, 6(2), 59–70. https://doi.org/10.25157/ja.v6i2.2582

Husni, M. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Prodi PGSD Universitas PGRI Palembang Sumatera Selatan). AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 119–134. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1185

Ilmi, M. U., Mayangsari, I., & Dewi, F. A. (2021). Peran Guru dalam Pengajaran Pendidikan Multikultural: Inisiasi dan Praktek. Belantika Pendidikan, 4(1), 71–76. https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.96

Islam, M. H. (2021). Hidden Curriculum Sekolah Dalam Menangkal Rasisme Keberagamaan. Journal MULTICULTURAL of Islamic Education, 5(1), 87–99. https://doi.org/10.35891/ims.v5i1.2765

Kariyawan Ys, B. (2020). Model Pembelajaran Empati Untuk Membangun Sekolah Berwawasan Multikultural. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 6(1), 1–6. https://doi.org/10.29210/02020505

Kasmiati, K. (2021). Perencanaan Pembelajaran Nilai Multikultural Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 492–504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1274

Minasari, A., Indraswati, D., Purwasito, A., & Setiawan, I. A. (2021). Perkenalan Dunia Internasional sebagai Pendidikan Multikutural pada Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Puzzle. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2124–2133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.733

Nanggala, A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354

Nikolaou, G., Kaloyirou, C., & Spyropoulou, A. (2019). Bullying and ethnic diversity: investigating their relation in the school setting. Intercultural Education, 30(4), 335–350. https://doi.org/10.1080/14675986.2019.1582208

Ningsih, S. A., & Isnarmi, I. (2019). Upaya Guru dalam Mengurangi Etnosentrisme di Sekolah. Journal of Civic Education, 2(4), 221–227. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.238

Page, M. ., McKenzie, J. ., Bossuyt, P. ., & Al, E. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. Syst Rev, 10(89). https://doi.org/10.1186/s13643-021-01626-4

Prabowo, A. (2017). Pendidikan Multikultural Sebagai Wahana Pembentukan Sikap Toleransi Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31316/jk.v1i1.881

Rahmawati, T. N. (2020). Peluang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Mewujudkan Pendidikan Yang Berbasis Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 86–91. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.225

Retnasari, L., & Hidayat, M. T. (2018). Pendidikan Multikultural Dengan Pendekatan Aditif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 16–21. https://doi.org/10.2317/jpis.v28i1.6768

Saidin, M. I. S., & Othman, B. B. (2021). Perkembangan Politik Malaysia Pasca Pru-12: Satu Tinjauan Menerusi Perspektif Etnosentrisme. AKADEMIKA, 91(3), 53–62.

Sedibe, M., Feldman, K., & Magano, M. (2014). Promoting an Awareness of Cultural Diversity through Social Development as a Learning Outcome in Grade 7 Life Orientation. Journal of Social Sciences, 38(2), 197–204. https://doi.org/10.1080/09718923.2014.11893250

Sincer, I., Volman, M., van der Veen, I., & Severiens, S. (2021). The Relationship Between Ethnic School Composition, School Diversity Climate And Students’ Competences In Dealing With Differences. Journal of Ethnic and Migration Studies, 47(9), 2039–2064. https://doi.org/10.1080/1369183X.2020.1846508

Torrico, M. G.-C., Márquez Lepe, E., Jiménez Rodrigo, M. L., & Guzmán Ordaz, R. (2018). ‘Who Are Diverse?’ Conceptualisations of Cultural Diversity in Schools behind Desks and at Chalkface. Journal of Intercultural Studies, 39(1), 67–84. https://doi.org/10.1080/07256868.2017.1410111

Veerman, G. J. M. (2015). The Relationship Between Ethnic Diversity And Classroom Disruption In The Context Of Migration Policies. Educational Studies, 41, 209–225. https://doi.org/10.1080/03055698.2015.955750

Wibowo, A. P., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Memperkuat Multikulturalisme Di Indonesia. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 196–205. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.16043

Wihyanti, R., Subiyantoro, S., & Fadhilah, S. S. (2018). Internalisasi Karakter Nasionalisme Dalam Kediversitasan Etnis Di Sekolah Dasar Islam. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 79–104. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.2881

Wiyanto, S. H. (2020). Peran Pendidikan Agama Dan Pendidikan Multikultural Terhadap Terwujudnya Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Kasus: Di SMAK Penabur Cirebon Tahun Ajaran 2018-2019). Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 4(2), 39–54. https://doi.org/10.24235/oasis.v4i2.3892




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v5i2.27466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.