Pengembangan Karakter Empati, Hati Nurani, dan Kontrol Diri melalui Implementasi Metode Kooperatif Team Games Tournament
Abstract
Generasi muda adalah tulang punggung bangsa. Kenyataan sekarang justru banyak generasi muda yang abai dalam pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan (1) menemukan beberapa alasan sehingga pengembangan empati, hati nurani, dan kontrol diri melalui implementasi metode Team Games Tournament mendesak dilakukan, (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan pengembangan karakter empati, hati nurani, dan kontrol diri melalui implementasi metode Kooperatif Team Games Tournament. Jenis penelitian deskriptif dengan mixed method. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Kabupaten Boyolali. Sampel penelitian sebanyak 128 siswa dari kelas VIIIA, VIIIC, VIIIF dan VIIIG. Hasil penelitian sebagai berikut. Beberapa alasan sehingga pengembangan karakter empati, hati nurani, dan kontrol diri melalui implementasi metode TGT mendesak dilakukan, adalah: 1) terjadinya deviant behavior dan inferiority complex 2) pengaruh negatif globalisasi. Pelaksanaan pengembangan karakter empati, hati nurani, dan kontrol diri melalui berbagai cara permainan yang mengandung nilai pendidikan karakter.
Kata kunci: team games tournament, karakter
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, IS. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1 (2), 100-109.
Astuti, W. dan Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament untukMeningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1 (3), 155-162.
Basri, ASH. (2015). Fenomena Tawuran antar Pelajar dan Intervensinya. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 12 (1), 1-25.
Budiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Daulay, N. (2021). Motivasi dan Kemandirian Belajar pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 18(1). 21-35.
Dohrenwen, AM. (2018). Defining empathy to Better Teach, Measure, and Understand its Impact. Academic Medicine Journal of the Association of American Medical Collages, 93 (12), 1754-1756.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila pada Generasi Muda Cendekia. Adil Indonesia Jurnal, 2 (1), 13-23.
Hastuti, LW. (2018). Kontrol Diri dan Agresi: Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Pasikologi, 26 (1), 42-53.
Izzati, FA. (2021). Pentingnya Sikap Toleransi dan Empati dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik (Good Citizenship). Jurnal Kalacakra, 2 (2), 85-90.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Lepiyanto, A. (2012). Implementasi Lesson Study pada Metode Numbered Heads Together Dipadu dengan Team Games Tournament untuk Pengembangan Karakter Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen. Bioedukasi, 3 (2), 1-8.
Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3 (2), 21-27.
Masmu’ah, Hunaepi, dan Firdaus, L. (2018). Pengaruh Metode TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Word Square terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 5 (1), 41-48.
Ndiung, S. dan Jediut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10 (1), 94-111.
Pelangi, I. (2017). Peran dan Upaya Kepolisian dalam Menyelesaikan Konflik antara Warg (Studi Kerusuhan antar Kampung di Kabupaten Lampung Timur). Jurnal Ilmu Kepolisian, Edisi 088, 98-106.
Rosa, NN. (2020). Hubungan Dukungan Sosial terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education and Teaching, 1(2), 147- 153
Setyawan, RA., Kristin, F., dan Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament. Jurnal Basicedu, 3 (1), 187-193.
Siswandari. (2011). Statistika Computer Based. Surakarta: Diterbitkan atas Kerja Sama Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press) Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Titisari, HTD. (2017). Hubungan antara Penyesuaian Diri dan Kontrol Diri dengan Perilaku Delikuen pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Psikodimensia, 16 (2), 131-140.
Uno, HB. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
Warsito, R. (2012). Antropologi Budaya. Yogyakarta: Penerbit Ombak Anggotra IKAPI.
Warsito, R., Wiryawan, SA., Mulyoto, Asrowi, Nurrahmah, I. (2017). Pendidikan Karakter. Klaten: Unwidha Press-Anggota APPTI.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v6i1.24799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.