Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah: Studi Kasus di SD Negeri

Sapta Isniar Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam peran kepemimpinan visioner yang dijalankan oleh kepala sekolah SD N 3 Jatimulyo. Penelitian menggunakan  metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis mengacu pada data Miles dan Hubberman dengan langkah berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) peran kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai penentu arah (direction setter) sudah dilaksanakan dengan baik yang ditunjukkan dengan kemampuan  analisis yang baik; 2) peran kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai agen perubahan (agen of change) sudah dilaksanakan dengan baik yang ditunjukkan dengan inovasi dalam pembelajaran dan inovasi dalam manajemen persekolahan;  (3) peran kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai juru bicara (spokes person) sudah dilaksanakan dengan baik yang ditunjukkan dengan keterbukaan dan profesionalitas terhadap kritik dan saran, memiliki kemampuan meyakinkan stakeholder, dan dipercaya menjadi ketua K3S tingkat kecamatan; (4) peran kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pelatih (coach) sudah dilaksanakan dengan baik yang ditunjukkan dengan menjadi percontohan bagi anggotanya. Kepemimpinan kepala sekolah tersebut menginspirasi kreativitas staff dengan kekuataan insentif agar bekerja dengan sukses mencapai tujuan organisasional.

Full Text:

PDF

References


Hamzah, M. I., & Sarwoko, E. (2020). Kepemimpinan, budaya organisasi dan kinerja: peran mediasi motivasi kerja. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 16(1), 41-53.

Hasibuan, S. M. (2018). Pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 71-80.

Hermawan, H. (2024). Kepemimpinan Visioner dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 178-186.

Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., Ribuwati, A., & AJ, A. (2018). Inovasi pendidikan. Jawa Timur: Wade Group National Publishing, 25.

Margolis, J. A., & Ziegert, J. C. (2016). Vertical flow of collectivistic leadership: An examination of the cascade of visionary leadership across levels. The Leadership Quarterly, 27(2), 334-348.

Mascareño, J., Rietzschel, E., & Wisse, B. (2020). Envisioning innovation: Does visionary leadership engender team innovative performance through goal alignment?. Creativity and Innovation Management, 29(1), 33-48.

Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71-90.

Nugraha, S. P., & Hariri, H. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah di SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 25-32.

Pontoh, W. P. (2013). Peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak. Acta Diurna Komunikasi, 2(1).

Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024-1033.

Ramdoni, R.A. (2020). Optimalisasi Kerjasama Pelatihan Melalui Teknik Negosiasi yang Tepat. Jurnal AgriWidya, 1(1), 85-91.

Rusdiana. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. CV. Pustaka Setia: Bandung.

Sugiyanto, E., & Abdullah, G. (2022). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Adiwiyata di Smp Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7999-8011.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.

Susanty, A., & Baskoro, S. W. (2012). Pengaruh motivasi kerja dan gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja serta dampaknya pada kinerja karyawan (studi kasus pada pt. Pln (persero) apd semarang). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 7(2), 77-84.

Yanto, T., Syaodih, C., Puspitasari, D., Septima, D., & Restiana, R. (2023). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN Bojongsoang 1. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 366-377.

Mustiningsih, Maisyaroh, Ulfatin, N. (2020). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekoah Hubungannya dengan Kesiapan Guru Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Supervisi Pendidikan, 4(2): 101-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v6i1.23016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.