EQ, LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The study aimed at determining the effect of the emotional intelligence, learning environment in school, and parents concern on the results of integrated social studies. The method used was descriptive approach verification ex post facto. The population in this study amounted to 183 students. The samples obtained were 126 students by using the T Yamane formula and sampling technique was simple random sampling. The results of data analysis showed: There is an influence of emotional intelligence on learning achievement of social studies. There is an influence of learning environment in school on learning achievement of social studies. There is an influence of parents concern on learning achievement of social studies. There is an influence of emotional intelligence, learning environment in school, and parents concern on learning achievement of social studies.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan belajar di sekolah, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 183 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 126 siswa dengan menggunakan rumus T Yamane dan teknik sampel yaitu simple random sampling. Hasil analisis data menunjukkan: Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Ada pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan belajar di sekolah, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu.
Kata kunci: hasil belajar, kecerdasan emosional, perhatian orang tua.
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bradberry, Travis dan Jean Jean Greaves. 2009. Emotional Intelligence 2.0. San Diego, California: Talent Smart.
Goleman, D. 2015. Emotional Intellegence; Kecerdasan Emosional, Mengapa EI Lebih Penting daripada EQ. Alih Bahasa T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9962
Refbacks
- There are currently no refbacks.