PENGARUH SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN, MOTIVASI BERPRESTASI, KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
This study aimed to determine the effect of students attitude towards the learning subject, motivation of achievement, and self concept to the economic learning result. The method used was descriptive verification with ex post facto and surveys approach. The population in this study were all the students of class XI IPS consist of 137 students and the sample was 102 students who were determined by the Cochran formula. The sampling technique that was probability sampling by using simple random sampling. The hypothesis testing uses simple linear regression and multiple linear regression. The results show that: There was an impact of students attitude towards the learning subject on the results to the economic learning result. There was an impact of motivation of achievment to the economic learning result. There was an impact of self concept to the economic learning result. There was an impact together of students attitude towards the learning subject, motivation of achievement, and self concept to the economic learning result.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap siswa terhadap mata pelajaran, motivasi berpretasi, dan konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 137 siswa dan sampel 102 siswa yang ditentukan dengan rumus Cochran. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Ada pengaruh sikap siswa terhadap mata pelajaran terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh secara bersama-sama sikap siswa terhadap mata pelajaran, motivasi berprestasi, dan konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi.
Kata kunci: sikap, motivasi, konsep diri, hasil belajarFull Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajran. Jakarta: Rineka Cipta
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ghufron, M.N. dan Rini Riswanti. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.
Hamalik, Oemar.2004.Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi Aksara
Ngalim, Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin.2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Walgito, Bimo. 2004. Psikologi sosial. Yogyakarta: Andi Offset
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9958
Refbacks
- There are currently no refbacks.