PERBANDINGAN BERPIKIR KRITIS ANTARA PBL DAN DL DAN HUBUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR
Abstract
This research was motivated by the lack of critical thinking skills and results of the economic study . The purpose of this research was to determine the differences in critical thinking skills by Problem Based Learning Model and Discovery Learning Model and the correlation with the economic learning outcomes . The population were 90 students with a total sample of 45 students. The analysis result showed ( 1 ) critical thinking skills of students whose learning was using Problem Based Learning Model was higher than Discovery Learning Model ( 2 ) the results of student whose learning was using Problem Based Learning Model was higher than Discovery Learning Model ( 3 ) there was a relationship between critical thinking skills and the results of the economic study.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dan hubungan dengan hasil belajar ekonomi. Populasi penelitian ini 90 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 45 siswa. Hasil analisis data menunjukkan (1) Kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Discovery Learning (2) Hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Discovery Learning (3) Ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi.
Kata kunci: berpikir kritis, discovery learning, hasil belajar, problem based learning
Full Text:
PDFReferences
Kruisdiarti, H. 2013. Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa antara Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif dengan Pembelajaran Modified Free Discovery-Inquiry. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakata: Kata Pena.
Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learnig itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.
Tamimi, F. 2014. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat tahun ajaran 2013/2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Yamin, Martini. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran: Jakarta: GP Press Group.
Yuniar. 2013. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Problem-Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII.D Semester Genap Pada SMP Negeri 1 Pulau Panggung Tahun Pelajaran 2012/2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9894
Refbacks
- There are currently no refbacks.