PERBANDINGAN BERPIKIR KRITIS ANTARA COOPERATIVE SCRIPT DAN BERTUKAR PASANGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI
Abstract
This research examined the comparative study of critical thinking between students who were taught using cooperative learning model of cooperative script and pair change based on self concept of students at class VIII on SMP Negeri 1 Sumberjaya. The method of the research was experimental with comparative approaches. The result of data analysis showed that (1) There is a difference on critical thinking of students who used cooperative script learning model than those who used pair change model. (2) Critical thinking of students who used cooperative script learning model was higher than those who used pair change on the students who have positive self concept. (3) Critical thinking of students whose learning used cooperative script was lower than those who used pair change on students who have negative self concept. (4) there is an interaction between learning model with self concept of student to the critical thinking skills on the subject of integrated social studies.
Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan berpikir kritis antara model cooperative script dan bertukar pasangan dengan memperhatikan konsep diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumberjaya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran cooperative script dibandingkan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan. (2) Berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran cooperative script lebih tinggi dibandingkan menggunakan bertukar pasangan pada siswa yang memiliki konsep diri yang positif. (3) Berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model cooperative script lebih rendah dibandingkan menggunakan bertukar pasangan pada siswa yang memiliki konsep diri yang negatif. (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan konsep diri siswa terhadap berpikir kritis pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Kata kunci: berpikir kritis, konsep diri, cooperative script, bertukar pasangan
Full Text:
PDFReferences
Filsaime, D.K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Maryani, E. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untung Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Mulyana, D. 2000. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9866
Refbacks
- There are currently no refbacks.