METODE KOOPERATIF TIPE STAD DAN SMART SOLUTION DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Rudi Riawan, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


The method in this research was factorial design experiment. Hypothesis was analyzed by path analysis. The results are: STAD type of cooperative method, smart solution and study motivation of student were not significantly influence the achievement of economy studies, smart solution with the highly study motivation of student significantly influence the achievement of economy studies ,STAD type of cooperative method with the lowly study motivation student significantly influence the achievement of economy studies, STAD type of cooperative method, smart solution not significantly influence the achievement of social economy, and study motivation of student not significantly influence the achievement of social studies at XI grade of students of Primagama college Bandar jaya

Metode di dalam penelitian ini adalah eksperimen factorial design. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan path analysis diperoleh hasil: metode kooperatif tipe STAD, metode smart solution dan motivasi belajar siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel hasil belajar Ekonomi, metode Smart solution dengan memtimbangkan motivasi belajar siswa yang tinggi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, metode kooperatif tipe STAD dengan memtimbangkan motivasi belajar siswayang rendah berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, metode kooperatif tipe STAD dan Smart Solution tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel hasil belajar ekonomi siswa, motivasi belajar siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS Bimbingan Belajar Primagama Bandar Jaya

Kata kunci : motivasi belajar, smart solution, STAD


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Primagama, div.akademik. 2010. Smart Solution Primagama: Jakarta,Grasindo

Sanjaya.2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning, Bandung : Penerbit Nusa Media

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperatif Learning. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.