METODE KOOPERATIF TIPE STAD DAN SMART SOLUTION DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
The method in this research was factorial design experiment. Hypothesis was analyzed by path analysis. The results are: STAD type of cooperative method, smart solution and study motivation of student were not significantly influence the achievement of economy studies, smart solution with the highly study motivation of student significantly influence the achievement of economy studies ,STAD type of cooperative method with the lowly study motivation student significantly influence the achievement of economy studies, STAD type of cooperative method, smart solution not significantly influence the achievement of social economy, and study motivation of student not significantly influence the achievement of social studies at XI grade of students of Primagama college Bandar jaya
Metode di dalam penelitian ini adalah eksperimen factorial design. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan path analysis diperoleh hasil: metode kooperatif tipe STAD, metode smart solution dan motivasi belajar siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel hasil belajar Ekonomi, metode Smart solution dengan memtimbangkan motivasi belajar siswa yang tinggi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, metode kooperatif tipe STAD dengan memtimbangkan motivasi belajar siswayang rendah berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, metode kooperatif tipe STAD dan Smart Solution tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel hasil belajar ekonomi siswa, motivasi belajar siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS Bimbingan Belajar Primagama Bandar Jaya
Kata kunci : motivasi belajar, smart solution, STAD
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Primagama, div.akademik. 2010. Smart Solution Primagama: Jakarta,Grasindo
Sanjaya.2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning, Bandung : Penerbit Nusa Media
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperatif Learning. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9547
Refbacks
- There are currently no refbacks.