HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PJBL DAN DL DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
This research was motivated by the low learning outcomes of Economic and review the comparison of the Economic learning results with learning model of PJBL and DL by paying attention to ability think critical of student. At class of X SMA Country 1 Sidomulyo. Result of analysis of data analysis showed that ( 1) There was a difference of learning outcomes among students which learning was using learning model PJBL and DL. ( 2) The results of Economics learning at students who high ability critical thinking which study used PjBL model was higher than which study used the DL model. ( 3) The learning results of Economics at students who have low critical thinking ability was lower than which study using the compared to higher DL model which its study using PJBL model. ( 4) There is an interaction between model ably think critical of student of Economic subject.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Ekonomi serta mengkaji tentang perbandingan hasil belajar Ekonomi dengan model pembelajaran PjBL dan DL dengan memperhatikan kemampuan berpikir kritis siswa. pada kelas X SMA Negeri 1 Sidomulyo. Hasil analisis data menunjukan (1) Terdapat perbedan hasil belajar Ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PjBL dan DL. (2) Hasil belajar Ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi yang pembelajarannya menggunakan model PjBL lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model DL. (3) Hasil belajar Ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah yang pembelajarannya menggunakan model DL lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model PjBL. (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ekonomi.
Kata kunci: hasil belajar, berpikir kritis, PJBL, DLFull Text:
PDFReferences
Akhmad, Afendi. 2012. Efektivitas Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kelas X SMK Diponegoro Yogyakarta. (skripsi) Unila Bandar Lampung
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Daryanto. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Khamdi, Waras. 2007. Pembelajaran Berbasis Proyek. Bandung: PT. Bumi Aksara
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Mankiw, N. Gregory. 2014. Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Salemba Empat
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sani, Ridwan Abdulah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Septiana, R. 2012. Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam dalam Meningkatkan Keterampilan Memberikan Penjelasan Sederhana dan Menerapkan Konsep yang Dapat Diterima. Jurnal pendidikan kimia UNILA. Volume 1 nomor 2. Diakses 13 Desember 2014
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9523
Refbacks
- There are currently no refbacks.