HASIL BELAJAR IPS TERPADU MODEL STAD DAN JIGSAW SMPN 5 BANDAR LAMPUNG
Abstract
The purpose of this research was to find out the differences of IPS students result between students who gave STAD learning model and students who gave Jigsaw learning model. The method of this research was comparative research with experiment approach. The data collecting technique used observation, documentation and test. Based on the result of discussion it can be concluded that the average of IPS students result used STAD learning model is higher than students used Jigsaw learning model.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang diberi model pembelajaran STAD dan siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw. Metode penelitian ini adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw.
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran tipe jigsaw, model pembelajaran tipe stad.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian . Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Lie, Anita. 2003. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo
Rusman. 2011 . Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sardiman. 2010 . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Silberman. 2009. Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Insan Mandani
Slavin, Robert E. 2008.Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media
Sudjana. 2006. Metode Statistika. Jakarta : Rineka Cipta
Sudijino, Anas . 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sudijono, Anas . 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Afabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta Bandung
Sukardi.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara. Hlm. 157
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9480
Refbacks
- There are currently no refbacks.